Salah satu hal cerdas yang dilakukan Microsoft pada Windows 10 adalah memisahkan Cortana dari Search. Saat ini fitur Cortana sudah benar-benar menjadi asisten digital untuk penggunanya, melalui perintah suuara. Pada versi 1903 terbaru ini, sistem operasi Windows 10 ini sudah menambahkan fitur aktivasi suara pada bagian privasi.

Kita akan mencoba membuka fitur ini dan juga melakukan Voice Activation Troubleshooting, untuk menjaga jika sewaktu-waktu terdapat masalah.

Voice Activation di Windows 10

Untuk mengakses Voice Activation ini, maka silahkan Anda klik tombol Start, lalu ketikkan Voice Activation. Klik pada Voice activation privacy settings. Pada bagian Settings, Anda bisa lanjut dengan memilih opsi Allow apps to use Microphone.

Setelah mengaktifkan fitur voice assistants ini, maka silahkan Anda ucapkan kata kunci yang muncul pada mikropon yang Anda gunakan. Jika kata kunci yang Anda sebutkan sudah sesuai, maka itu akan mengaktifkan fitur tersebut. Kemudian, fitur ini bisa Anda gunakan untuk mengakses aplikasi atau pun file yang ada di dalam komputer.

Mengatasi masalah Voice Activation di Windows 10

Nah, bagaimana kalau ternyata Voice Activation pada Windows 10 Anda ternyata tidak bisa digunakan atau tidak memberikan respon sama sekali, walaupun Anda sudah mengucapkan kata kuncinya? Silahkan Anda buka halaman Settings > Privacy > Voice Activation, lalu Anda ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya:

1. Izinkan aplikasi untuk menggunakan fitur aktivasi suara

Pastikan switch untuk opsi Allow apps to use voice activation, sudah Anda aktifkan.

2. Voice activation pada lock screen tidak berfungsi

Kalau Anda juga menggunakan fitur Voice activation ini pada halaman lock screen, maka ini memang memiliki pengaturan khusus untuk mengaktifkannya. Anda bisa menemukan fitur ini pada opsi yang bertuliskan Allow apps to use voice activation when this device is locked. Pastikan Switch-nya pun sudah dalam kondisi On.

Hanya saja, voice assistants ini tidak mengenali suara untuk lock screen tersebut. Namun, fitur voice assistants ini hanya mengenali kata kunci yang Anda gunakan pada lock screen tersebut. Jadi, jika ada orang lain yang mengetahuinya, maka lock screen Anda pun tetap bisa terbuka.

3. Cek permissions pada aplikasi

Anda juga perlu mengecek pada opsi Choose which apps can use voice activation. Di dalam opsi ini Anda akan melihat daftar aplikasi yang bisa menggunkana voice assistants tersebut. Jadi, kalau Anda aplikasi tidak bisa aktif fitur voice assistants-nya, maka Anda bisa mengeceknya melalui opsi ini.

4. Jalankan fitur Microphone troubleshooter

Kalau semua pengaturan sudah Anda lakukan dengan baik dan benar, tapi masalah tersebut masih berlanjut, maka kemungkinan ada masalah pada mikrofon Anda. Silahkan Anda cek pada menu Settings > Privacy > Microphone. Kemudian, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur-fitur yang ada pada opsi berikut:

  • Allow apps to access your microphone
  • Enable microphone access for the voice assistant
  • If it’s a desktop app, make sure to enable the toggle on at the end.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY