Tombol minimize, maximize, dan juga tombol close (Tutup), pada sistem operasi Windows 10 itu umumnya berada pada bagian sudut kanan atas layar. Tombol ini biasanya muncul saat Anda memuka halaman Windows Explorer, browser, atau pun aplikasi lainnya. Letak dari tombol ini dinamakan dengan title bar pada sistem operasi Windows.

Akan tetapi, tombol-tombol ini sendiri memang kadang mengalami masalah pada sistem operasi Windows. Di mana tombol tersebut terkadang menghilang dari title bar, sehingga kita tidak dapat menutup atau me-minimize jendela yang sedang terbuka. Masalah seperti ini biasanya muncul karena kerusakan atau hilangnya file sistem.

Cara mengembalikan tombol di title bar yang hilang di Windows 10

Kalau tombol-tombol pada titile bar, seperti tombol minimize, maximize, dan close menghilang, maka Anda bisa mengembalikan tombol-tombol tersebut dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Khusus untuk software Microsoft Office

Cara pertama ini hanya dikhususkan untuk program Microsoft Office yang mengalami masalah seperti ini:

  • Silahkan Anda menyalakan komputer, lalu masuk ke dalam Safe Mode. Setelah itu, silahkan Anda membuka program Microsoft Office.
  • Dari menu View, silahkan Anda hilangkan tanda centang yang muncul pada opsi Full Screen.
  • Jika Anda menggunakan Microsoft Office versi 2007 ke bawah, maka Anda cukup menekan tombol Esc, pada keyboard untuk keluar dari fitur Full screen tersebut.

2. Jalankan System File Checker (SFC)

System File Checker atau SFC ini berfungsi untuk memperbaiki masalah software atau pun file bawaan dari sistem operasi Windows. Anda cukup membuka halaman Command Prompt (CMD), lalu ketikkan perintah sfc /scannow. Untuk mengeksekusi perintah tersebut, silahkan Anda lanjut dengan menekan tombol Enter.

3. Jalankan DISM

Biasanya, setelah Anda menjalankan perintah SFC tersebut, maka Anda bisa lanjut dengan menjalankan perintah DISM. Silahkan Anda ketikkan perintah di bawah ini ke dalam CMD satu-persatu, yang masing-masing baris diakhiri dengan menekan tombol Enter.

  • Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
  • Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
  • Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

4. Reset atau instal ulang program

Kalau hal ini terjadi pada Windows Explorer, maka Anda cukup melakukan restart Windows Explorer di Task Manager.

Tapi, Kalau memang masalah ini hanya terjadi pada software tertentu, maka Anda bisa mencoba melakukan install ulang pada software tersebut.

  • Buka halaman Settings Windows 10 dan klik pada menu Apps > Apps & Features.
  • Di panel sebelah kanan, silahkan Anda klik aplikasi yang bermasalah tersebut.
  • Kemudian klik pada Advanced options.
  • Di bawah bagian Reset, klik tombol bertuliskan Reset.

5. Tekan tombol F11 atau Esc

Kalau masalah ini terjadi pada browser, baik itu Mozilla Firefox atau pun Google Chrome, maka silahkan Anda tekan tombol F11 atau Esc.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika menghadapi masalah tombol minimize, maximize, dan close yang hilang di Windows 10. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel tersebut, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY