Masing-masing sistem operasi pasti memiliki user administrator atau root. User ini sendiri nantinya berfungsi sebagai user utama yang mengatur setiap fitur atau pun user tambahan terhadap hak akses ke setiap fitur, software, dan juga folder penyimpanan. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda bisa mengetahui dan mendapatkan user Administrator ini, jika Anda sering melakukan perubahan atau kostumisasi terhadap sistem operasi yang Anda gunakan.

Pada sistem operasi Windows 10 sendiri, akun atau user Administrator ini sendiri bisa Anda dapatkan saat Anda pertama kali menginstall Windows. Anda bisa mengatur sendiri akun pertama Anda sebagai Administratore. Setelah itu, barulah Anda bisa membuat akun tamu atau pengguna lainnya, yang bisa Anda kontrol sesuka hati. Mulai dari mengatur akses lokasi penyimpanan, software, dan juga fitur-fitur pada Windows 10 di komputer Anda tersebut.

Cara mengatasi masalah tidak bisa menyimpan file di Windows 10

Saat Anda login di komputer lain yang mana Anda hanya memiliki user sebagai guest (tamu), maka Anda pun tentunya akan dibatasi hak akses oleh Administrator komputer tersebut. Misalnya saja, komputer-komputer warnet, yang hanya membuka hak akses untuk beberapa folder penyimpanan saja. Apalagi kalau komputer tersebut ternyata memilki media penyimpanan yang dishare oleh komputer Administrator.

Pasti akan sangat menjengkelkan, kalau file yang telah Anda buat tidak bisa disimpan pada komputer yang Anda gunakan. Di mana hal tersebut tentunya harus mendapatkan persetujuan dari pihak Administrator terlebih dulu. Tapi, masalah seperti ini tentunya bisa diselesaikan dengan bantuan user Administrator.

Nah, bagaimana kalau ternyata level akun Anda atau hak akses Anda ternyata sudah dibuka untuk folder penyimpanan tersebut, tapi tetap tidak bisa menyimpan file. Misalnya saja, saat Anda ingin menyimpan file gambar pada folder Pictures untuk user Anda sendiri yang bisa Anda akses sesuka hati, tapi mendapatkan pesan notifikasi seperti ini:

“C:\users\me\pictures You don’t have permission to save in this location. Contact the Administrator to obtain permission. Would you like to save in the public pictures folder instead? Yes or No.

Pesan atau notifikasi seperti ini cukup sering dialami oleh para pengguna sistem operasi Windows 7,8, dan juga Windows 10 saat ini. Permasalahan seperti ini biasanya karena pengaturan permission untuk folder tersebut. Untuk itu, Saya akan memberikan Anda 2 cara untuk mengatasi masalah seperti ini, jika terjadi pada komputer Anda.

Cara pertama

  • Silahkan Anda klik kanan pada folder yang tidak bisa Anda gunakan untuk menyimpan file tersebut. Kemudian, silahkan Anda lanjut memilih opsi Properties.
  • Langkah berikutnya adalah dengan mengklik pada tab Security, lalu pilih pada opsi Advanced.
  • Lalu, klik tombol Add.
  • Pada jendela Select User Group, klik tombol Advanced lagi.
  • Lali, klik lagi pada tombol Advanced .
  • Berikutnya, silahkan Anda klik pada tombol Find Now.
  • Pilih pada Everyone yang muncul di dalam daftar tersebut, lalu klik tombol OK.
  • Klik lagi tombol OK pada jendela berikutnya.
  • Sekarang, pada kolom Permissions for everyone, silahkan Anda berikan tanda centang pada semua opsi yang ada di bawah kolom Allow.
  • Lalu klik tombol Apply untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan.
  • Terakhir klik tombol OK untuk menyimpan dan keluar dari pengaturan tersebut.

Jika Anda sudah mengikuti semua langkah-langkah di atas dengan benar, maka silahkan Anda buka kembali folder tersebut, dan coba untuk menyimpan file di dalamnya. Cara ini biasanya akan langsung berhasil jika sudah tepat. Tapi, kalau ternyata cara ini masih belum bisa berhasil, maka Anda bisa mencoba cara kedua di bawah ini.

Cara kedua

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan mengklik kanan tombol Start, lalu klik pada menu RUN. Atau Anda bisa menekan tombol Win + R pada keyboard untuk langsung membuka jendela RUN.
  • Ketikkan netplwiz pada kolom RUN tersebut dan tekan tombol Enter untuk membuka jendela User Account Settings.
  • Setelah halaman User Accounts terbuka, Anda akan menemukan daftar user yang terdaftar di komputer Windows 10 Anda tersebut. Dari semua daftar akun tersebut, silahkan Anda pilih akun yang mengalami masalah saat menyimpan file tersebut.
  • Setelah akun tersebut Anda klik, maka silahkan Anda lanjut dengan mengklik tombol Properties, yang ada di bagian bawahnya.
  • Pada jendela Properties tersebut, silahkan Anda lanjut dengan menklik tab yang bernama “Group Membership”.
  • Pada halaman tersebut, silahkan Anda langsung memilih opsi Administrator. Dengan memilih opsi Administrator, maka ini akan memberikan akses penuh kepada user tersebut seperti Administrator.
  • Jika sudah, klik tombol Apply dan lagi tombol OK untuk menyimpan dan keluar dari pengaturan tersebut.
  • Setelah itu, pastikan untuk restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang Anda lakukan tersebut.

Cara ini sudah pasti berhasil, akan tetapi kini ada dua Administrator pada komputer Anda. Dan, sebaiknya Anda mengembalikan hak kontrol user tersebut setelah selesai menyimpan file yang dia miliki tersebut.

Akhir kata

Itulah 2 cara yang bisa Anda coba lakukan jika mendapatkan masalah tidak bisa menyimpan file, karena hak akses yang dibatasi oleh user Administrator. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY