Salah satu fitur yang menurut Saya cukup bagus pada Windows 10 adalah akses yang lebih mudah ke OneDrive. OneDrive ini merupakan salah satu media penyimpanan online (Cloud) yang banyak digunakan saat ini. Pada Windows 10, layanan OneDrive ini pun langsung bisa Anda lihat pada Windows explorer yang akan tampak seperti sebuah drive tambahan. Untuk bisa mengakses layanan tersebut, tentunya Anda harus memiliki akun terlebih dulu ya!

Aplikasi OneDrive di Windows 10

Fitur OneDrive ini sudah terpasang secara default pada Windows 10 Anda. Dengan adanya OneDrive ini, Anda bisa dengan mudah menyimpan file ke dalamnya, lalu bisa mengakses file-file tersebut dengan mudah dari mana saja dan kapan saja. Tentunya ini akan sangat membantu untuk para pengguna yang sering bepergian, sehingga bisa lebih mudah untuk tetap mengakses file-file pentingnya menggunakan komputer atau pun smartphone lainnya melalui OneDrive tersebut.

Masalah OneDrive Access Denied

Namun, beberapa pengguna ternyata sempat mengeluhkan masalah pada OneDrive tersebut, yaitu tidak bisa mengaksesnya atau akses ditolak, padahal sebelumnya bisa mengaksesnya. Hal yang lebih fatal lagi karena, tidak hanya dialami oleh user (guest) saja, tapi untuk Administrator pun tidak bisa mengaksesnya.

Penyebab tidak bisa mengakses OneDrive

Hal yang bisa menjadi penyebab Anda tidak bisa mengakses akun OneDrive ini bisa saja karena, masalah dengan izin ke file, malware di sistem, masalah dengan akun administrator, file terenkripsi atau rusak, dan berbagai masalah lainnya yang tentunya hanya bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan secara langsung.

Kalau Anda memang termasuk sebagai salah satu pengguna yang masalah ini, maka silahkan Anda coba lakukan langkah-langkah awal berikut ini:

  1. Lakukan proses scan sistem operasi Windows 10 Anda dengan menggunakan anti-virus. Pastikan pula, Antivirus yang Anda gunakan tersebut sudah yang terbaik.
  2. Lakukan pembersihan cache pada browser yang Anda gunakan.
  3. Jalankan Disk Cleanup tool. Anda bisa mencari tool Disk Cleanup ini pada kolom pencarian di Start Menu Windows. Selanjutnya, Anda lakukan disk cleanup ini pada setiap drive yang ada.
  4. Uninstall setiap program atau software yang menurut Anda mencurigakan atau yang baru saja Anda install sesaat sebelum mengalami masalah ini. Silahkan Anda buka halaman Control Panel > Programs and Features lalu klik kanan pada nama software tersebut, dan pilih pada opsi Uninstall.

Mengatasi masalah tidak bisa mengakses OneDrive di Windows 10

Kalau ternyata semua langkah-langkah awal di atas sudah Anda lakukan, tapi Anda belum juga bisa mengakses OneDrive tersebut, maka silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara 1: Periksa apakah file berfungsi untuk pengguna lain

Salah satu kemungkinan di balik masalah ini adalah file tersebut mengalami kerusakan. Untuk bisa mengkonfirmasi masalah tersebut, Anda bisa bertanya kepada user lainnya (guest) yang menggunakan juga akses OneDrive tersebut. Selain itu pula, Anda bisa mengecek versi online dari OneDrive tersebut.

Cara 2: Periksa izin dari file tertentu

Cara yang baik untuk mengelola izin untuk file OneDrive adalah melalui OneDrive online. Pastikan kalau akun online Microsoft Anda itu sudah benar dan memiliki izin yang tepat. Juga, periksa pengaturan sharing dan identifikasi pula hak akses apa saja yang telah diberikan ke masing-masing file yang ada.

Cara lain memberi izin akses untuk file-file di OneDrive adalah sebagai berikut:

  • Buka folder OneDrive Anda, dan klik kanan pada file yang bermasalah atau tidak dapat diakses tersebut, lalu pilih pada opsi Properties.

  • Pada tab Security, pilih user atau pengguna yang dituju dan klik Edit untuk mengubah izin dari pengguna tersebut.

Cara 3: Berikan kendali penuh kepada pengguna yang dituju

Agar Anda bisa dengan bebas mengakses atau pun mengedit file tersebut, maka Anda juga perlu memberikan akses penuh untuk file tersebut kepada akun Anda atau pengguna yang dituju, kalau Anda sebagai Administrator.

  • Silahkan Anda buka tab Security di jendela Properti OneDrive seperti pada cara kedua di atas sebelumnya.
  • Klik Advance, kemudian klik pada menu Change untuk mengubah izin.

  • Selanjutnya, silahkan Anda masukkan nama user atau pengguna yang ingin Anda tuju pada kolom yang bertuliskan “Enter the object name to select” dan klik pada Check Names.

  • Klik pada tombol OK.
  • Sekarang silahkan Anda berikan centang kotak yang mengatakan “Replace owner on subcointainers and objects,” dan klik pada tombol Apply dan OK untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan.

Karena Anda sekarang sudah memiliki hak akses penuh terhadap file atau folder yang ada di dalam OneDrive tersebut, maka pesan error pun kemungkinan tidak akan muncul lagi.

Cara ini pun bisa Anda lakukan dengan menggunakan tool Command Prompt di Windows 10. Prosedur itu adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada Keyboard, kemudian dari daftar menu yang muncul, silahkan Anda klik pada menu Command Prompt (Admin).
  • Jika jendela Command Prompt (CMD) sudah terbuka, selanjutnya Anda ketikkan perintah yang ada di bawah ini, dan akhiri dengan tombol Enter:

takeown /f “C:\<User name of system>” /r /d y

icacls “C:\<User name of system>” /grant %<username>% :F /t /q

di mana <Nama pengguna sistem> adalah nama pengguna dari sistem dan <nama pengguna> adalah nama pengguna pengguna OneDrive.

  • Setelah prosesnya selesai, silahkan Anda tutup jendela Command Prompt (CMD) tersebut, lalu restart komputer Anda.

Cara 4: Buatkan akun administrator baru

Kalau Anda memang sudah memiliki akun Administrator, tapi mengalami masalah serupa, maka kemungkinan masalahnya itu ada pada akun Administrator Anda tersebut. Untuk itu, silahkan Anda buat akun Administrator baru dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik pada tombol Start dan kemudian klik pada ikon seperti gear di atas ikon Shutdown, untuk membuka halaman Settings Windows 10. Atau Anda bisa menekan tombol shortcut keyboar Win + I untuk mempercepat akses ke halaman Settings tersebut.
  • Buka menu Accounts > Family & other people.
  • Pilih Add someone else to this PC dan tambahkan rincian untuk membuat akun baru.
  • Setelah akun ditambahkan, buka halaman yang sama dan klik pada New account.
  • Pilih Change account type.
  • Ubah tipe Akun ke Administrator dan klik OK.
  • Terakhir, silahkan Anda restart komputer Anda, dan login ke dalam Windows 10 Anda tersebut sebagai akun Administrator yang baru Anda buat tadi.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa langkah bisa Anda coba untuk mengatasi masalah akses OneDrive di Windows 10 ditolak. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY