Jika Anda ingin menginstall sistem operasi Windows 10, memang ada banyak hal yang perlu untuk diperhatikan terlebih dulu. Pasalnya, sistem operasi Windows 10 ini memang cukup berbeda dengan versi sistem operasi besutan dari Microsoft lainnya. Di Windows 10 ini pun, pihak Microsoft benar-benar mengawasi para penggunanya secara online, baik berupa pelaporan dari pengguna atau pun melalui update-update yang diberikan secara rutin.

Tidak bisa menginstall Windows 10 di komputer

Seperti yang telah Saya tuliskan sebelumnya di atas, di mana untuk menginstall Windows 10 di PC atau pun di laptop, maka Anda perlu memperhatikan beberapa faktor. Khususnya untuk konfigurasi hardware dan juga software (dalam hal ini adalah driver). Kalau PC atau laptop Anda memang tidak cocok atau tidak kompatibel, maka proses instalasinya pun pasti akan mengalami kegagalan.

Salah satu masalah yang kami temukan saat menginstall Windows 10 di komputer, yaitu error 0x80300002. Error ini muncul, karena driver atau partisi yang dipilih itu tidak bisa digunakan untuk menginstall Windows 10 tersebut.

Cara mengatasi error 0x80300002 saat ingin menginstall Windows 10

Sebelum kita melangkah untuk mengatasi masalah tersebut, maka hal yang perlu untuk Anda ketahui di sini adalah, kemungkinan data-data yang ada di komputer itu akan terhapus. Untuk itu, pastikan Anda sudah melakukan backup data.

Jika semua data sudah Anda amankan, maka silahkan Anda ikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Pastikan BIOS Anda sudah support UEFI

Hal pertama yang perlu untuk diperhatikan dalam menginstall sistem operasi Windows 10 di sini adalah BIOS yang harus sudah support dengan UEFI. Karena, sistem operasi Windows 10 ini sudah tidak menggunakan tipe partisi MBR lagi, tapi sudah GPT, seperti pada sistem operasi Linux. Kalau memang BIOS Anda itu masih menggunakan Legacy, maka Anda harus mencari dukungan sistem operasi Windows 10 yang mendukung partisi MBR.

Kalau ternyata komputer Anda sudah menggunakan sistem BIOS UEFI, maka Anda bisa lanjut ke tahapan kedua di bawah.

2. Membuat kembali partisi baru

Pada poin yang kedua inilah, hardisk yang telah Anda siapkan untuk sistem operasi Windows 10 tersebut harus mengalami proses format secara kesuluruhan. Proses format tersebut masih sama dengan proses format saat menginstall Windows 7 atau 8 sebelumnya. Di mana posisi tombol untuk Delete partisi, Format partisi, Expand Partisi, serta membuat partisi baru itu sudah tersedia.

Setelah Anda mendelete semua partisi tersebut, maka partisi tersebut tentunya akan menjadi satu. Nah, silahkan Anda buat partisi baru, untuk lokasi instalasi Windows 10 tersebut. Saat proses pembuatan inilah, semua konfigurasi yang ada pada hardisk bisa kembali normal, dan proses instalasi Windows 10 pun bisa berlanjut.

3. Membuat kembali Windows 10 booting melalui flashdisk

Masalah ini juga bisa muncul jika terjadi kerusakan atau kehilangan data pada media instalasi (Flashdisk). Untuk itu, Anda sebaiknya membuat ulang flashdisk booting Windows 10 tersebut dari awal. Silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, cara membuat Windows 10 booting flashdisk.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY