Sistem operasi Windows 10 terbaru dari Microsoft memang memberikan banyak kemudahan untuk para penggunanya. Salah satu fitur yang menunjukkan hal tersebut adalah recent items di taskbar. Ini tentunya akan sangat membantu untuk para pekerja kantoran yang mengerjakan pekerjaan yang sama setiap harinya. Tapi tidak hanya untuk pekerja kantoran saja loh! Untuk para gamers yang ingin dengan mudah mengakses game-game kesukaan atau yang saat ini lagi digemari dan ingin diselesaikan, tentunya akan dengan mudah melalui fitur recent items ini.

Akan tetapi, bagaimana kalau fitur tersebut secara tiba-tiba tidak berfungsi atau tidak bisa menampilkan daftar recent items Anda? Hal ini tentunya akan membuat Anda bingung dan bisa membuang cukup banyak waktu dengan mencari file atau softwarenya lagi di Start Menu atau Windows Explorer.

Cara menampilkan kembali recent items di taskbar Windows 10

Kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna Windows 10 yang mengalami masalah serupa, maka Anda sudah tepat dalam memilih artikel di Segiempat.com ini. Karena, di artikel kali ini memang Saya, akan memberikan solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Hanya saja, beberapa tips dan cara di bawah ini perlu untuk didampingi oleh orang yang ahli atau sudah terbiasa dalam mengutak-atik file sistem Windows, khususnya untuk Registry Editor (Regedit).

Dan, jangan lupa pula untuk mengaktifkan fitur System Restore Point serta backup regedit untuk menjaga, jika sewaktu-waktu ada kesalahan dalam pengeditan yang menyebabkan sistem Windows 10 Anda menjadi rusak atau error.

Setelah Anda mempersiapkan semua hal di atas, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Mengecek pada halaman menu Settings Windows 10

Pengaturan mengenai recent items di taskbar Windows 10 ini, bisa Anda lihat pada halaman Settings, dengan menekan tombol Win + i pada keyboard. Setelah berada di dalam halaman Settings, silahkan Anda klik lagi menu Personalization > Start. Di halaman Start tersebut, pastikan opsi yang bertuliskan Show recently opened items in jump list on Start or the taskbar sudah aktif, atau Anda bisa melihat gambar di atas.

2. Bersihkan cache recent items

Untuk membuka halaman cache recent items, silahkan Anda buka halaman Windows Explorer terlebih dulu. Setelah itu, silahkan Anda copy alamat folder di bawah ini, lalu paste pada kolom toolbar:

%AppData%\Microsoft\windows\recent\automaticdestinations

Di dalam halaman tersebut, tentunya Anda akan melihat banyak sekali file yang menjadi recent items. Silahkan Anda pilih semua file tersebut, dan tekan tombol Shift + Delete pada keyboard, untuk menghapus semua file-file cache tersebut. Semua file tersebut adalah file yang akan dibuat secara otomatis saat Anda membuka file, softwre dan lainnya di komputer Windows.

Setelah Anda selesai dengan halaman tersebut, silahkan Anda buka lagi halaman berikut, dan hapus juga semua file yang ada di dalamnya:

%AppData%\Microsoft\windows\recent\customdestinations

Jika sudah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan.

3. Lakukan perubahan pada regedit

Untuk membuka halaman Registry Editor, silahkan Anda klik tombol Start, lalu ketikkan regedit. Setelah muncul aplikasi regedit, klik kanan lalu pilih Run as administrator.

Setelah halaman regedit tersebut terbuka, silahkan Anda menuju ke halaman berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\

Di dalam halaman tersebut, lanjut Anda memilih folder yang bernama Policy Explorer, yang berasal dari panel sebelah kiri lalu, klik kanan pada entri yang bernama NoRecentDocsHistory dan Delete, yang ada di panel sebelah kanan.

Entri tersebutlah yang menyebabkan taskbar Anda tidak bisa menampilkan fitur recent items. Karena, menyimpan pengaturan dari Group Policy Editor tersebut. Setelah Anda melakukan perubahan tersebut, pastikan untuk melakukan restart pada komputer, untuk menerapkan perubahan yang sudah Anda lakukan.

4. Melakukan perubahan pada Group Policy Editor

Kalau ternyata cara di atas masih belum bisa menampilkan recent items di taskbar, maka Anda bisa langsung melakukan perubahan pada fitur Group Policy Editor. Untuk langkah-langkahnya, silahkan Anda simak di bawah ini:

Klik pada logo Window di sebelah kiri bawah. Lalu ketikkan Group Policy Editor, kemudian klik kanan pada aplikasi yang bernama Edit Group Policy, lalu pilih Run as administrator.

Setelah Anda berada di dalam halaman Group Policy Editor tersebut, silahkan Anda buka halaman berikut:

User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar

Kemudian, dari panel sebelah kanan silahkan Anda klik dua kali pada opsi Do not keep a history of recently opened documents.

Di dalam halaman baru yang terbuka tersebut, silahkan Anda pastikan kalau opsi dalam kondisi “Disabled” atau “Not Configured”, untuk mengaktifkan fitur recent items di taskbar.

Setelah perubahan tersebut telah selesai Anda lakukan, pastikan juga untuk melakukan restart pada komputer, untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menampilkan kembali recent items yang hilang atau tidak muncul di taskbar. Kalau Anda memiliki cara lainnya yang lebih mudah dan cepat, atau pertanyaan seputar pembahasan artikel di atas, silahkan Anda sampaikan kepada kami melalui kolom komentar yang telah kami sediakan pada bagian bawah halaman artikel ini.

Semoga bisa cukup membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY