Tidak sedikit dari pengguna sistem operasi Windows 10 mengeluhkan adanya masalah-masalah saat melakukan update. Padahal update dari Microsoft ini sendiri selalu hadir secara rutin. Update tersebut biasanya bertujuan untuk memperbaiki bug yang dialami oleh beberapa pengguna, serta menambahkan fitur atau tools terbaru. Salah satu masalah yang dialami saat pengguna Windows 10 melakukan update adalah munculnya error 0x80092004.

Biasanya, update tersebut akan memunculkan notifikasi terlebih dulu sebelum Anda mulai melakukan update. Untuk itu, Anda bisa mengecek apa saja update yang dibawa dengan menekan tombol Check for update. Kalau ternyata update tersebut memang tidak terlalu penting, maka Anda tidak perlu melanjutkan ke tahap penginstalan.

Cara mengatasi error 0x80092004 saat proses update Windows 10

Saat Anda mengalami error 0x80092004 saat melakukan update Windows 10, maka Anda bisa mencoba beberapa solusi di bawah ini.

  1. Hapus update

Biasanya, saat proses update Windows mengalami kegagalan, maka semua paket yang sudah diinstall akan dihapus secara otomatis kembali. Namun, kalau semua paket-paket tersebut tidak terhapus, maka Anda bisa mengapus semuanya secara manual. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda buka halaman Update History, dan lihat update dengan kode awal KB, apa saja yang baru diinstall. Jika kode KB tersebut sudah Anda ketahui, silahkan Anda catat atau copy, dan jalankan perintah DISM untuk menghapusnya.
  • Untuk membuka perintah DISM, silahkan Anda tekan tombol Windows + X pada keyboard, lalu pilih Command Prompt (Admin). Setelah itu, silahkan Anda ketikkan perintah berikut:

Dism /online /Get-Packages

  • Perintah di atas akan memberikan info mengenai paket update yang diinstal.
  • Setelah Anda mengetahui paket-paket tersebut, maka silahkan Anda hapus semua paket-paket terbaru tersebut dengan perintah seperti pada contoh paket-paket di bawah ini:

dism.exe /online /remove-package /packagename:Package_for_RollupFix_Wrapper~31bf3856ad364e35~amd64~~16299.248.1.17 /packagename:Package_for_RollupFix~31bf3856ad364e35~amd64~~16299.125.1.6 /packagename:Package_for_RollupFix_Wrapper~31bf3856ad364e35~amd64~~16299.192.1.9 /packagename:Package_for_RollupFix~31bf3856ad364e35~amd64~~16299.192.1.9 /norestart

  • Restart komputer Anda jika sudah selsai.
  • Selanjutnya, silahkan Anda login kembali, dan jalankan perintah berikut di CMD:

Dism.exe /online /Cleanup-Image /StartComponentCleanup

  • Perintah ini untuk melakukan scan atau pengecekan pada update-update terbaru.
  1. Hapus file dari folder Software Distribution

Saat Windows 10 Anda melakukan update, maka semua file-file update tersebut akan didownload dan di simpan pada sebuah folder yang bernama Software Distribution. Lokasi dari folder tersebut berada di C:\Windows\SoftwareDistribution. Anda bisa mengecek setiap update-update tersebut, kalau memang ada yang salah dan silahkan Anda hapus semuanya. Sehingga Windows bisa memaksa sistem untuk melakukan proses download kembali.

  1. Jalankan Windows Update Troubleshooter

Pada sistem operasi Windows sudah dilengkapi dengan fitur Windows update troubleshooter. Saat Anda menjalankan fitur tersebut, maka secara otomatis Windows akan melakukan pengecekan dan perbaikan pada masalah yang ada.

  1. Instal update secara manual

Untuk mendapatkan update secara manual, maka Anda perlu mengecek kode KB dari update tersebut. Setelah itu, silahkan Anda cari melalui situs resmi Microsoft. Setelah file update tersebut sudah Anda download secara manual, maka silahkan Anda install pula secara manual.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi masalah error 0x80092004 saat melakukan update Windows. Silahkan Anda tinggalkan pertanyaan atau tanggapan Anda melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY