Para pengguna browser Chrome baru-baru ini banyak melaporkan mengenai masalah ERR SOCKET NOT CONNECTED pada browser Chrome yang digunakan. Masalah ini memang cukup sering terjadi pada beberapa pengguna komputer, dan beberapa faktor penyebab masalah ini dikarenakan Socket Pools, masalah DNS server, plugin pihak ketiga yang menyebabkan masalah, dan lainnya.

Memperbaiki masalah ERR_SOCKET_NOT_CONNECTED di Chrome

Kalau Anda termasuk salah satu pengguna yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mencoba mengatasi masalah tersebut dengan mengikuti beberapa cara berikut ini:

1. Lakukan cara flush socket pool

Silahkan Anda buka browser Chrome, lalu ketikkan chrome://net-internals/ pada kolom url dan tekan tombol Enter. Pada panel sebelah kiri, silahkan Anda pilih menu Socket.

Selanjutnya, pada panel bagian kanan silahkan Anda pilih opsi Flush Socket Pools. Jika sudah selesai, silahkan restart browser Chrome Anda.

2. Ubah DNS server

Mengganti DNS Server ini sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul “cara mengubah DNS server di komputer Windows”.

DNS server yang Anda gunakan di sini adalah DNS Server miliki Google langsung.

Jika pengaturan sudah selesai, pastikan untuk merestart dulu komputer dan buka browser Chrome Anda untuk mengecek apakah masalah tersebut sudah terlesaikan.

3. Reset atau Instal Ulang Google Chrome

Untuk melakukan reset pada browser Chrome, pastikan Google Chrome Anda tidak sedang terbuka atau pun berjalan di background dengan cara mengeceknya pada Task Manager. Langkah selanjutnya, silahkan Anda tekan tombol Win + R pada keyboard lalu ketikkan perintah berikut pada kolom RUN yang terbuka, yang nantinya diakhiri dengan menekan tombol Enter:

%USERPROFILE%\AppData\Local\Google\Chrome\User Data

Selanjutnya, pilih folder yang bernama Default, dan hapus dengan menekan tombol Shift + Delete. Setelah foldernya terhapus, silahkan Anda buka browser Chrome lalu klik Menu > Settings > Advanced. Di dalam halaman Advanced tersebut, silahkan Anda scroll ke bawah hingga menemukan opsi yang bertuliskan Restore Settings to their original defaults. Klik tombol di bagian kanannya untuk mereset pengaturan Chrome.

Selanjutnya, klik lagi tombol Reset pada jendela pop up yang muncul.

Kalau memang cara mereset pengaturan Chrome ini masih belum membantu, maka Anda bisa mencoba untuk menghapus (Uninstall) browser Chrome Anda, lalu coba install kembali versi terbarunya.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ERR_SOCKET_NOT_CONNECTED pada browser Chrome. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY