Google Chrome bisa dikatakan sebagai browser yang terbilang baru dan ternyata langsung memiliki banyak sekali penggunanya saat ini. Ini karena, browser Chrome memang bisa dikatakan hampir tidak memiliki masalah dari segi softwarenya saat digunakan. Walaupun terdapat masalah, pihak developer browser Chrome ini pun langsung menanganinya dengan cepat. Salah satu masalah yang sempat dialami oleh banyak pegguna, yaitu proses download yang sudah mencapai 100%, tapi mengalami error atau berhenti. Sehingga filenya pun tidak bisa terbuka.

Cara mengatasi Chrome yang error saat download sudah mencapai 100%

Masalah ini muncul, rata-rata disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Adanya antivirus pihak ketiga yan memblok proses download dan finishing file.
  • Server dari file yang tiba-tiba error.
  • Ekstensi Chrome yang menolak file tersebut.
  • Instalasi Google Chrome yang error.

File yang download sudah mencapai 100%, dan tinggal menunggu waktu finishing, dan tiba-tiba error atau macet tentunya membuat kita kesal. Belum lagi, kalau file tersebut memiliki ukuran besar, dan sudah menghabiskan waktu yang cukup lama saat menunggunya. Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Bersihkan cache browser

Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan terlebih dulu di sini adalah dengan membersihkan cache pada browser Google Chrome Anda. Untuk proses pembersihan ini, sudah Saya tuliskan artikelnya sebelumnya yang bisa Anda cek pada judul “cara membersihkan cache browser Chrome”.

2. Nonaktifkan fitur scanning virus di browser Chrome

Untuk mematifkan fitur scanning virus di Chrome, silahkan Anda klik tanda 3 titik di sudut kanan atas, lalu pilih menu Settings. Di dalam menu Settings tersebut, lanjut dengan memilih menu Advanced, kemudian klik lagi pada opsi Privacy & Security, lalu pilih opsi Sync and Google services.

Berikutnya, ubah switch menjadi Off pada opsi yang bertuliskan Safe Browsing. Jika sudah selesai, tutup halaman Chrome Anda, lalu buka kembali.

3. Matikan antivirus yang terinstall di komputer Anda

Kalau Anda memang menginstall antivirus pihak ketiga di komputer, maka sebaiknya Anda matikan sementara antivirus tersebut saat proses download, hingga file benar-benar sudah siap. Atau Anda bisa memasukkan file atau alamat link download tersebut ke dalam daftar whitelist yang ada di pengaturan Antivirus (jika tersedia).

4. Download file dalam Incognito mode

Pada Google Chrome terdapat fitur yang keren, yang bernama Incognito Mode. Fitur ini akan membuat Anda bisa dengan bebas untuk mengakses dan mendownload file-file yang ditolak oleh sistem keamanan browser.

Untuk membuka halaman dalam Incognito Mode, maka Anda cukup mengklik pada ikon 3 titik di sudut kanan halaman Chrome, lalu pilih opsi New Incognito Window. Setelah itu, silahkan Anda buka halaman yang ingin Anda downlod filenya.

5. Reset atau install kembali Google Chrome Anda

Masalah ini kemungkinan juga disebabkan pengaturan dari Chrome yang error atau file instalasi yang sudah rusak. Untuk itu, Anda bisa membaca artikel yang berjudul ‘cara reset browser Google Chrome’. Kalau cara reset tersebut belum bisa berhasil, maka Anda bisa uninstall Chrome lalu instal kembali versi terbaru yang sudah Anda download dari halaman resmi Chrome.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY