Browser merupakan aplikasi yang sangat membantu untuk membuka halaman website. Tidak sedikit dari para pengguna komputer mengeluhkan berbagai masalah yang ditemui pada browsernya. Salah satu masalah yang cukup mengganggu itu adalah tidak bisa menginput atau mengetikkan teks ke dalam browser. Google Chrome dan Firefox merupakan dua browser yang paling banyak dikeluhkan oleh para penggunanya.

Dalam penyelesaian masalah ini beberapa pengguna hanya cukup menutup dan membuka kembali browsernya tersebut. Bisa juga masalah ini disebabkan oleh keyboard yang Anda gunakan tidak berfungsi dengan baik. Akan tetapi, kalau masalah tersebut masih juga terjadi, maka artikel kali ini bisa membantu Anda dalam mengatasinya.

Mengatasi masalah tidak bisa mengetik di Chrome dan Firefox

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda tidak bisa mengetik pada kolom url, pencarian, dan lainnya di browser Chrome dan Firefox:

  1. Nonaktifkan hardware acceleration

Hardware Acceleration merupakan fitur yang ada pada browser, yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tertentu atau yang membutuhkan kemampuan hardware yang lebih besar. Akan tetapi, fitur ini sendiri pun bisa menyebabkan masalah pada browser Anda. Kalau memang terjadi hal seperti ini, maka sebaiknya Anda menon-aktifkan fitur tersebut dan mengecek apakah hal tersebut bisa menyelesaikan masalah atau tidak. Untuk lebih lengkapnya silahkan Anda baca artikel mengenai Hardware Acceleration untuk browser.

  1. Nonaktifkan ekstensi/add-on IDM

Internet Download Manager atau biasa juga disingkat dengan nama IDM ini merupakan yang sangat membantu dalam mempercepat proses download file dari internet ke komputer. Software ini sendiri juga memiliki add_on atau ekstensi khusus yang terpasang pada browser, baik itu Firefox atau pun Chrome. Add_on atau ekstensi inilah yang kadang menimbulkan masalah pada browser Chrome atau pun Firefox Anda.

Untuk memastikannya, makanya Anda bisa mencoba dengan menonaktifkan add_on atau ekstensi tersebut dari browser Anda. Untuk browser Google Chrome, maka Anda bisa menemukannya dengan mengklik ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas halaman Chrome, lalu pilih pada opsi More Tools > Ekstension. Kemudian, cari modul Internet Download Manager dan Disable.

Untuk browser Firefox, silahkan Anda klik tombol Menu lalu ke Extensions. Selanjutnya, Anda cari Modul Integrasi IDM. Klik tombol switch yang ada pada bagian kanan untuk menonaktifkannya.

  1. Daftarkan ulang file DLL yang berkaitan

Ada tiga file DLL yang perlu untuk daftarkan kembali, yaitu mshtmled.dll, mshtml.dll, jscript.dll. Silahkan Anda baca artikel tentang cara daftarkan file DLL di Windows untuk lebih lengkapnya.

  1. Jalankan System File Checker (SFC)

System File Checker merupakan tool dari Windows yang hanya bisa diakses dengan baris perintah di halaman Command Prompt (CMD). Cara ini bisa membantu untuk mengembalikan file system hilang atau rusak secara otomatis. Anda bisa menemukan artikel di cara menggunakan tool SFC di Windows.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY