Sebagian besar pengguna sistem operasi Windows XP/7/8/8.1, kini sudah beralih menggunakan sistem operasi Windows 10 terbaru dari Microsoft. Pasalnya, sistem operasi Windows 10 ini memang diklaim lebih baik dari vers-versi pendahulunya. Di dalam Windows 10 ini sudah dikemas berbagai fitur terbaru, aplikasi, serta fungsionalitas yang nantinya bisa memberikan pengalaman komputasi terbaik dan lancar untuk para pengguna.

Bahkan, sistem operasi Windows 10 ini dianggap diklaim sangat mudah digunakan, karena merupakan gabungan dari berbagai fitur dari versi Windows sebelumnya. Namun, walaupun demikian, masih banyak juga beberapa masalah yang kerap kali para pengguna temukan di dalamnya. Salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh para penggunanya itu adalah masalah audio atau suara yang tidak keluar saat memutar musik, video, game atau pun suara dari aplikasi lainnya, baik itu melalui speaker atau pun headset.

Kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna Windows 10 yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara mengatasi masalah audi atau suara yang tidak keluar di Windows 10

Berikut adalah beberapa saran langsung dari pihak Microsoft, yang bisa membantu Anda untuk melakukan pemecahan masalah secara manual, tergantung pada masalah spesifik Anda.

Suara Windows 10 tidak berfungsi

Untuk langkah awal, sebaiknya Anda coba melakukan pengecekan untuk update driver audio terbaru dari situs pabrikan komputer Anda. Di samping itu pula, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap Windows update untuk driver tertentu. Kalau perangkat Anda tersebut adalah perangkat eksternal, seperti headphone atau USB, maka silahkan Anda cabut dan pasang kembali. Anda pun bisa mencoba memindahkan port daru USB tersebut, jika komputer Anda memiliki lebih dari satu port USB. Menonaktifkan fitur Audio Enhancement juga dianggap bisa membantu dalam mengatasi masalah seperti ini.

Kalau memang Anda tetap bisa menemukan masalah, maka coba untuk menghapus instalan driver Audio Anda tersebut, dan restart komputer Ada. Sehingga, Windows 10 yang akan langsung melakukan proses instal ulang driver itu nantinya secara otomatis (online).

Kalau semua cara-cara sederhana di atas memang belum bisa memberikan hasil terbaik, maka Anda bisa mencoba beberapa cara lainnya di bawah ini.

  1. Coba format audio yang berbeda

Masalah suara yang tidak keluar di Windows 10 juga seringkali disebabkan oleh masalah kompatibilitas antara software dengan driver audio. Hal ini bisa jadi karena format audio yang Anda gunakan memang tidak sesuai. Untuk langkah-langkah penyelesainnya, silahkan Anda coba cara di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka halaman Control Panel, lalu pilih opsi “Sound”. Atau Anda bisa langsung mengaksesnya, dengan membuka menu RUN dan mengetikkan cpl, lalu tekan tombol Enter.
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik kanan pada system tray, dan pilih opsi “Playback Devices”.
  • Klik kanan “Default Device” Anda dan klik “Properties“.
  • Beralihlah ke tab “Advanced” dan coba gonta-ganti Format Default dari daftar yang ada.
  1. Periksa Device Manager

Device Manager merupakan halaman pada Windows yang menampilkan semua daftar driver yang telah terinstall maupun yang belum terinstall pada komputer Anda. Di samping itu pula, Anda bisa mengecek profil dari driver, dan melalukan update. Biasanya, masalah pada suatu driver bisa terlihat di halaman ini dengan ikon bertanda seru (!) pada nama driver tersebut.

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada menu Device Manager dari daftar.
  • Jika halaman Device Manager sudah terbuka, silahkan Anda lanjut mengklik pada Sound, video and game controllers.

  • Selanjutnya, cari nama driver audio yang sesuai atau yang Anda gunakan, lalu silahkan Anda uninstall. Setelah itu, coba gunakan driver dari HD Audio Windows bawaan (HD Audio).
  1. Menghapus dan install ulang driver audio
  • Untuk langkah awal, silahkan Anda tekan tombol Win+X pada keyboard, lalu pilih pada opsi Devive Manager. Tapi, Anda harus mengetahui dulu nama driver audio yang Anda gunakan dengan cara membuka menu RUN lalu mengetikkan mmsys.cpl, dan tekan tombol Enter. Di halaman ini Anda bisa melihat perangkat driver yang Anda gunakan.

  • Di dalam Device Manager ini, silahkan Anda klik pada ‘Sound, video, and game controllers’.
  • Lalu, klik kanan nama driver audio tersebut dan pilih Uninstall.
  • Setelah proses uninstall selesai, silahkan Anda restart komputer terlebih dulu. Jika proses restart sudah selesai, silahkan Anda install kembali driver tersebut yang telah Anda dapatkan dari situs resmi pabrikan atau CD/DVD bawaan dari perangkat komputer Anda.

  1. Update driver

Langkah-langkah untuk cara update driver ini hampir sama dengan poin 4 di atas. Tapi, pada saat Anda mengklik kanan pada nama driver, maka Anda cukup memilih opsi Update Driver. Setelah itu, Anda ikuti saja setiap langkah untuk melakukan proses update secara otomatis. Tapi, pastikan komputer Anda sudah terhubung ke internet ya!

Mikrofon tidak berfungsi

Masalah yang juga ditemui pada audio Windows 10 itu termasuk mikrofon. Untuk Anda yang memanfaatkan Cortana, tentunya tidak bisa menggunakannya, karena suara Anda tidak masuk ke dalam sistem. Anda bisa mencoba melakukan pengecekan pada mikrofon yang Anda gunakan. Kalau Anda menggunakan mikrofon eksternal atau headset, maka Anda bisa mengganti dengan perangkat lainnya. Anda pun bisa mengikuti langkah-langkah yang sama dengan di atas, karena Mikrofon ini juga termasuk bagian dari driver audio di komputer Anda.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi beberapa masalah audio yang Anda temukan pada komputer Windows 10 Anda. Kalau Anda memiliki cara yang lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY