Sistem operasi Windows 10 di bulan Oktober 2018 kemarin, kembali mendapatkan update terbaru dari Microsoft langsung. Update terbaru tersebut diklaim membawa beberapa fitur-fitur dan perbaikan dari bug dan laporan dari para pengguna sebelumnya. Akan tetapi, setiap ada update terbaru dari Microsoft untuk sistem operasi Windows 10-nya tersebut, biasanya akan ada juga masalah baru yang muncul.

Bahkan, sebelum melakukan update pun masalah itu biasanya sudah mulai bermunculan. Dan, salah satu masalah tersebut adalah saat Anda ingin melakukan update dan muncul kode error 0x8024500C. Kode error tersebut biasanya muncul saat laptop Windows 10 Anda tidak bisa menginstall update terbaru dari Windows 10 ini, atau bisa juga muncul saat Anda ingin mengupdate aplikasi Windows Store. Error ini muncul menunjukkan kalau Windows update service Anda kemungkinan terblokir.

Error 0x8024500C saat ingin menginstall update Windows 10

Error seperti ini tentunya membuat para pengguna tidak bisa menikmati update terbaru Windows 10 tersebut. Selain itu pula, kapasitas dari media penyimpanan di laptop akan terbebani dengan adanya update yang belum terinstall tersebut.

Kalau Anda termasuk pengguna Windows yang sudah menyiapkan sistem keamanan yang baik pada laptop Anda, seperti System Restore Point, maka Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengembalikan semua pengaturan yang telah Anda lakukan, ke titik pembuatan system restore tau sebelum terjadinya masalah tersebut.  Akan tetapi, banyak pengguna yang kami temui ternyata tidak mengaktifkan System Restore Point tersebut, sehingga membuat mereka bingung dengan kemunculan masalah seperti ini.

Maka dari itu, kami selalui menyarankan untuk para pengguna sistem operasi Windows membuat system restore point sendiri di PC atau laptopnya masing-masing untuk menghindari adanya masalah seperti ini terjadi selanjutnya. Dan juga, sebelum kita mulai menjalankan langkah-langkah perbaikan error 0x8024500C di laptop Windows 10 Anda, maka sebaiknya mulai membuat system restore point terlebih dulu untuk mengantisipasi kesalahan yang bisa saja terjadi saat proses perbaikan nantinya. Untuk Anda yang belum tahu membuat system restore, maka silahkan Anda baca artikel kami sebelumnya yang berjudul “Cara membuat system restore point di Windows 10”.

Cara memperbaiki error 0x8024500C di Windows 10 saat ingin menginstall update

Jika Anda termasuk sebagai salah satu pengguna laptop Windows 10 yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mencoba mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Periksa status dari semua Windows Update Services

Windows Update Service merupakan fitur dari Windows yang memang harus aktif jika Anda ingin melakukan update. Untuk itu, sangat penting untuk Anda cek semua services yang berkaitan dengan Windows Update tersebut, apakah sudah aktif atau tidak.

Di bawah ini terdapat beberapa service dari Windows 10 yang berhubungan dengan Windows Update tersebut, yaitu:

  • Background Intelligent Transfer Service (BITS).
  • Delivery Optimization.
  • Windows Update.
  • Windows Update Medic Service.

Coba Anda lakukan pengecekan pada masing-masing service tersebut, dengan menekan tombol Win + R pada keyboard untuk membuka menu RUN. Setelah menu RUN tersebut terbuka, silahkan Anda ketikkan services.msc. Selanjutnya, Anda tinggal mencari dan membuka satu persatu nama dari masing-masing services tersebut. Lihat pada status masing-masing services tersebut, apakah dalam kondisi Running. Kalau tidak, maka silahkan Anda klik kanan pada masing-masing services dan pilih opsi Start.

  1. Downlod update terbaru Windows 10 secara manual

Kalau ternyata pada update terbaru ini tidak melibatkan fitur, tapi hanya update kumulatif saja, maka Anda bisa medownload update tersebut secara manual saja, lalu menginstallnya. Untuk melihat, mana saja update yang gagal tersebut, maka silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Silahkan Anda membuka menu Settings > Update and Security > View Update History.
  • Di dalam halaman inilah Anda bisa melihat mana saja update yang berhasil dan gagal (Failed) pada kolom Status. Kalau Anda memang menemukan update yang gagal tersebut, silahkan Anda catat dengan kode KB pada bagian depannya.
  • Selanjutnya, silahkan Anda kunjungi alamat situs Microsoft Download Center, melalui link ini, dan cari update tersebut sesuai dengan kode yang telah Anda catat.
  • Jika Anda sudah menemukannya, silahkan Anda download dan install update tersebut secara manual.

Di samping itu pula, pihak Microsoft sendiri sudah menyediakan fitur yang bernama Microsoft Update Catalog. Fitur layanan dari Microsoft ini sendiri menyediakan daftar update software yang bisa didistribusikan melalui jaringan perusahaan. Menggunakan Microsoft Update Catalog tersebut dapat terbukti sebagai cara terbaik untuk menemukan dari setiap software besutan Microsoft, termasuk pula driver, dan perbaikan terbaru.

  1. Jalankan Windows Update Troubleshooter

Windows 10 sendiri memiliki fitur yang bernama Troubleshoot, di mana semua permasalahan sistem dan fitur dari Window bisa diperbaiki secara otomatis, yang salah satunya adalah Windows Update ini. Anda bisa menemukan fitur ini pada halaman Settings > Update & Security > Troubleshoot > Windows Update. Selanjutnya, Anda bisa klik pada tombol Run the troubleshoot.

  1. Periksa pada pengaturan Registry Editor (Regedit)

Untuk poin yang keempat ini kemungkinan kesalahannya ada pada halaman registry Windows Anda. Untuk mengecek pengaturan dari regedit tersebut, maka langkah-langkahnya bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka menu RUN dengan menekan tombol Win + R. Pada kolom RUN tersebut, silahkan Anda lanjut dengan mengetikkan regedit dan tekan tombol Enter.
  • Pada jendela regedit tersebut, silahkan Anda menuju ke alamat halamam berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Policies\Microsoft\Windows\WindowsUpdate
  • Sekarang, klik dua kali pada DisableWindowsUpdateAccess, yang ada pada panel kanan dan ubah pda kolom Value menjadi 0.
  • Selanjutnya, tutup halaman regedit dan silahkan Anda restart laptop Anda untuk menerapkan perubahan yang telah dilakukan.
  1. Nonaktifkan proxy

Kemungkinan Anda menggunakan software VPN atau pernah melakukan perubahan pada proxy internet Anda, sehingga ini membuat komputer Anda sulit untuk terhubung ke server Microsoft update tersebut. Untuk itu, silahkan Anda uninstall software VPN tersebut atau melakukan pengaturan ulang pada proxy komputer Anda dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Silahkan Anda ketikkan Internet Options pada start menu Windows.
  • Lalu Anda klik pada hasil pencarian yang muncul (Internet Options) tersebut.

  • Selanjutnya, silahkan Anda menuju ke tab Connections.
  • Kemudian silahkan Anda mengarah ke bagian bawah dengan label Local Area Network (LAN) setting.
  • Lalu Anda klik pada tombol yang bertuliskan LAN Settings.

  • Pada bagian bawah Proxy Server, hilangkan tanda centang pada opsi yang berlabel Use a proxy server for your LAN (These settings will not apply to dial-up or VPN connections).
  • Klik pad atombol OK dan kemudian silahkan Anda restart komputer untuk menerapkan perubahan.
  1. Reset Microsoft Store

Microsoft Store dan Windows Update Service adalah dua fitur yang saling bergantung. Ada kemungkinan masalah ini ada Microsoft Store Anda, kalau memang Windows Update Service sudah Anda aktifkan semua. Untuk itu,  Anda bisa melakukan pengaturan ulang atau reset pada Microsoft Store tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Silahkan Anda buka menu RUN dengan menekan tombol WIN + R pada keyboard, lalu Anda ketikkan services.msc, dan tekan tombol Enter untuk membuka jendela Service Manager.
  • Di dalam halaman ini, Anda akan melihat semua service yang ada pada Windows. Silahkan Anda cari Windows Update Service.
  • Pada Windows Update Service tersebut, silahkan Anda klik dua kali, dan ubah statusnya menjadi Automatic.

  • Kalau masih belum bisa, maka silahkan Anda reset Microsoft Store tersebut.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah error 0x8024500C pada saat ingin menginstall update Windows 10 terbaru. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY