Error 0xa00f429f ini terjadi saat kamera di komputer Windows 10 Anda mengalami masalah. Hal ini pun bisa disebabkan oleh Windows update yang salah atau driver yang mengalami kerusakan. Pesan error yang muncul biasanya akan memberikan solusi di mana dalam hal ini perlu Anda lakukan update terhadap driver.

Cara mengatasi error 0xa00f429f saat membuka kamera di komputer Windows 10

Kalau Anda termasuk pengguna Windows 10 yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya. Namun, pastikan user yang Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah user Administrator.

1. Reset atau Instal ulang aplikasi Windows Camera

Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan membuka halaman Settings > Apps > Camera App > Advance options. Setelah itu, silahkan Anda klik pada tombol Reset untuk melakukan pengaturan ke default terhadap aplikasi kamera tersebut.

Kalau cara ini memang tidak bisa membantu, maka silahkan cari PowerShell pada Start menu, lalu klik kanan pada PowerShell dan pilih opsi Run as administrator. Setelah halaman Windows PowerShell tersebut terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah berikut ini untuk melakukan uninstall pada aplikasi kamera:

Get-AppxPackage *camera* | Remove-AppxPackage

Silahkan Anda restart komputer Anda dan coba lakukan instalasi aplikasi kamera kembali melalui halaman Microsoft Store.

2. Gunakan registry editor

Untuk membuka halaman regedit, silahkan Anda buka Start menu, lalu cari regedit. Setelah muncul, klik kanan pada aplikasi regedit tersebut, lalu pilih Run as administrator. Setelah halaman regedit muncul, silahkan Anda menuju ke folder berikut:

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\WOW6432Node\Microsoft\Windows Media Foundation\Platform

Klik kanan bebas pada panel sebelah kanan, lalu pilih New > DWORD (32-bit) Value. Berikan nama file baru tersebut sebagai EnableFrameServerMode. Klik dua kali pada file baru tersebut, lalu ganti Value Data, menjadi angka ‘0’, dengan opsi Base Hexadecimal.

Setelah selesai, pastikan untuk melakukan restart komputer.

3. Update, Rollback atau Uninstall Driver

Karena pada pesan error jelas tertuliskan mengenai masalah pada driver, maka yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah Update driver kamera yang memang kompatibel terhadap versi terbaru dari Windows 10 yang Anda gunakan saat ini.

Kalau ternyata masalah ini muncul setelah Anda melakukan update driver kamera, maka silahkan Anda kembalikan versi dari driver kamera tersebut (Rollback driver). Anda pun bisa melakukan uninstall driver terlebih dulu, lalu menginstall driver versi lama atau versi terbaru.

Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih opsi Device Manager. Di dalam halaman Device Manager ini, silahkan Anda klik kanan pada nama driver kamera, lalu Anda pilih opsi Properties. Di dalam halaman Properties tersebut terdapat opsi, Update, Rollback, dan juga Uninstall. Silahkan Anda klik opsi yang sesuai.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY