Sistem operasi Windows 10, dianggap sebagai sistem operasi yang memang telah dilengkapi oleh Microsoft dengan baik. Berbagai macam penambahan fitur serta aplikasi bawaan, membuat sistem operasi Windows 10 ini tidak perlu lagi banyak pengaturan dan penginstalan aplikasi. Seperti pada webcam atau kamera laptop, yang telah dilengkapi dengan aplikasi kamera sendiri. Padahal sistem operasi yang sebelum-sebelumnya, kita harus menginstall lagi aplikasi kamera tersendiri.

Aplikasi kamera tersebut pun bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar (foto) dan juga video. Namun, tidak sedikit dari pengguna aplikasi kamera tersebut ternyata mengeluhkan berbagai masalah, salah satunya itu adalah error 0xa00f4243. Masalah seperti ini biasanya terjadi dikarenakan driver atau aplikasi pihak ketiga.

Di bawah ini adalah contoh kode error dari aplikasi kamera yang terjadi:

Memperbaiki masalah error 0xa00f4243 untuk aplikasi kamera Windows 10

Memperbaiki masalah error seperti ini menurut Saya tidak terlalu sulit. Pasalnya, pada pesan eeror yang muncul tersebut sudah menjelaskan penyebab dari masalah error 0xa00f4243 untuk aplikasi kamera tersebut. Di mana pada pesan tersebut tertulis, kalau kamera sedang digunakan oleh aplikasi lainnya. Untuk itu, hal yang perlu dilakukan saat ini adalah dengan mengecek aplikasi lain yang menggunakan kamera, dan tutup aplikasi tersebut. Setelah itu, coba Anda buka kembali aplikasi aplikasi untuk memastikan.

Tapi, kalau cara sederhana ini belum bisa berhasil, maka Anda bisa mencoba beberapa solusi di bawah ini:

1. Gunakan fitur Windows Store troubleshooter

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan menekan tombol Win + i untuk membuka halaman Settings. Setelah itu, silahkan Anda klik menu Updte & Security > Troubleshoot.
  • Pada panel bagian kanan, Anda akan menemukan bebarapa masalah yang bisa diselesaikan dengan troubleshoot tersebut. Silahkn Anda cari tab Windows store apps.
  • Klik pada tombol Run troubleshoot yang ada di bawah tab Windows store apps tersebut, lalu silahkan Anda ikuti petunjuk yang muncul.
  • Setelah selesai, silahkan Anda cek apakah error 0xA00F4243 (0xC00D3704) ini sudah hilang saat Anda membuka aplikasi kamera tersebut.hilang untuk selamanya.

2. Instal ulang driver

Umumnya, masalah seperti ini bisa terjadi karena adanya masalah pada driver. Untuk itu, Anda bisa melakukan penginstalan ulang pada driver kamera pada halaman Device Manager. Tapi, kalau Anda sudah melakukan update driver, lalu masalah ini muncul, maka Anda perlu melakukan Rollback driver atau mengembalikan update driver ke versi sebelumnya. Namun, kalau Anda ternyata belum pernah melakukan update driver sebelumnya, maka Anda bisa mencoba melakukan update driver terlebih dulu sebelum melakukan install ulang, jika update driver memang tersedia.

Karena aplikasi kamera ini bersifat umum (universal), maka Anda bisa mendownload versi terbaru untuk versi Windows 10-nya. Driver tersebut bisa Anda temukan dengan mudah melalui halaman pencarian di Google.

3. Gunakan Registry Editor (Regedit)

Untuk cara yang ketiga ini, kita akan memanfaatkan Registry Editor atau lebih dikenal dengan singkatan regedit. Cara ini hanya bisa digunakan untuk Anda para pengguna sistem operasi Windows 10-64bit saja. Jadi, kalau Anda menggunakan sistem operasi Windows 10-32bit, sebaiknya tidak mengikuti cara ini. Untuk langkah-langkah selengkapnya, silahkan Anda simak di bawah ini:

  • Klik pada logo atau ikon Windows di sudut kiri bawah. Lalu, langsung ketikkan regedit. Setelah muncul, aplikasi regedit, silahkan Anda klik kanan dan pilih Run as administrator.
  • Setelah Registry Editor terbuka, silahkan Anda membuka alamat folder berikut:

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\WOW6432Node\Microsoft\Windows Media Foundation\Platform

  • Klik kanan pada ruang kosong dan pilih New > DWORD (32-bit) Value.
  • Beri nama key baru tersebut sebagai EnableFrameServerMode.
  • Klik dua kali pada key baru tersebut, dan ubah Value Data menjadi angka 0.
  • Terakhir, klik tombol OK, lalu restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan.

4. Mengecek Windows Services

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + R pada keyboard untuk membuka jendela RUN. Setelah itu, ketikkan services.msc pada kolom RUN tersebut, dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman Windows Services Manager.
  • Cari Intel(R) RealSense(TM) Depth, lalu klik dua kali untuk membuka halaman Properties-nya.
  • Pada bagian Startup Type, silahkan Anda ganti menjadi Automatic, lalu klik tombol Start kalau belum aktif. Tapi, kalau sudah aktif, maka Anda klik tombol Stop terlebih dulu, lalu klik lagi tombol Start.
  • Klik tombol Apply, lalu tutup semua aplikasi yang terbuka, dan restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan.

Cara ini biasanya hanya bisa berfungsi untuk komputer yang menggunakan Intel Hardware pada fitur kameranya.

5. Menggunakan fitur System File Checker (SFC)

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih opsi Command Prompt (Admin).
  • Setelah halaman Command Prompt tersebut, silahkan Anda ketikkan sfc /scannow, lalu tekan tombol Enter, untuk menjalankan perintah System File Checer (SFC) tersebut.
  • Jika proses SFC telah selesai, silahkan Anda restart komputer.

6. Mengaktifkan fitur kamera melalui tombol shortcut (jika tersedia)

Beberapa PC atau laptop memang dilengkapi dengan tombop-tombol shortcut untuk mengakses fitur atau aplikasinya, misalnya saja pada aplikasi kamera tersebut. Untuk itu, kalau pada PC atau laptop Anda sudah dilengkapi dengan fitur tersebut, maka Anda bisa dengan mudah untuk menggunakan fitur tersebut.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error 0xA00F4243 (0xC00D3704) yang terjadi saat Anda membuka aplikasi kamera di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY