Software dari Microsoft yaitu Office tentunya sudah sangat dikenal untuk semua pengguna komputer di seluruh dunia. Bisa kita pastikan kalau rata-rata semua komputer yang di seluruh dunia pasti sudah menginstall program Microsoft Office ini. Walaupun namanya memang Microsoft Office, tapi software ini tidak hanya dipergunakan untuk pekerja di kantor. Tapi, untuk anak-anak, remaja, mahasiswa, desain grafis, editor video, programer, pedagang, dan lainnya pasti sangat membutuhkan software yang satu ini.

Di dalam paket Microsoft Office ini memang terdapat berbagai software yang mendukung untuk setiap aktivitas atau pekerjaan penggunanya. Misalnya saja, untuk software Microsoft Office Excel yang bisa membantu dalam membuat data dan perhitungan dengan lebih mudah. Para akuntan pun lebih memilih menggunakan software Excel ini untuk melakukan perhitungan terhadap neraca, untuk mendapatkan untung atau rugi penjualan. Dan, masih banyak lagi software di dalam paket Microsoft Office ini yang bisa membantu dalam aktivitas atau pekerjaan sehari-hari.

Namun, pada artikel kali ini, Saya akan membahas mengenai salah satu masalah yang banyak dikeluhkan oleh para penggunanya, yaitu rumus atau formula Excel yang tidak update secara otomatis saat dieksekusi.

Rumus Excel tidak update secara otomatis

Microsoft Excel adalah salah satu software dari paket Microsft Office. Sofware ini sendiri bisa membantu dalam melakukan berbagai macam perhitungan matematikan atau pun logika untuk mendapatkan hasil data yang diinginkan. Bahkan, software ini dijadikan sebagai bahan kursus untuk pelajar atau pun pekerja kantoran. Karena, memang software ini sangatlah dibutuhkan baik di sekolah atau pun di dunia kantoran.

Akan tetapi, terkadang terjadi masalah pada software ini yang membuat kita para pengguna menjadi bingung. Salah satu masalahnya itu adalah rumus yang tidak bekerja secara otomatis setelah dieksekusi. Misalnya saja, saat Anda membuat rumus 1+1, dan setelah Anda menekan tombol Enter untuk mengeksekusi-nya, maka rumus tidak langsung bekerja.

Nah, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Kalau Anda memang mengalami masalah serupa pada software Excel yang Anda gunakan, maka silahkan Anda coba ikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Cek opsi Calculation (Automatic)

Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan pengecekan di sini adalah opsi calculation atau perhitungan. Terkadang opsi tersebut berubah menjadi manual, entah karena Anda menekan shortcut tertentu untuk membuatnya menjadi manual. Kalau memang software Excel Anda tidak bisa melakukan perhitungan, maka ini bisa menjadi penyebab utama masalah tersebut.

Coba cara di bawah ini memastikannya:

  • Silahkan Anda buka software Excel, lalu klik pada tab Formulas.
  • Setelah itu, silahkan Anda klik lagi pada opsi Calculation Options, lalu set menjadi Automatic.

Pengaturan ini bisa berubah karena adanya rumus makro atau mungkin file excel lain yang Anda buk sebelumnya. Maka dari itu, masalah ini bisa muncul.

2. Ganti format Cell

Cell adalah kolom-kolom atau kotak-kotak yang ada pada Excel. Secara default, format cell pada Excel ini adalah General. Tapi, format tersebut bisa berubah kalau memang sudah diubah sebelumnya. Dan, rumus yang tidak bekerja secara otomatis ini kemungkinan karena format cell yang berubah menjadi Text. Dan tentunya, kalau Anda ingin melakukan perhitungan, maka format Text tidak sesuai untuk cell tersebut.

Untuk mengubah format cell di Excel, bisa Anda lakukan dengan cara berikut:

  • Silahkan Anda klik pada kolom atau Cell yang rumusnya tidak bekerja tersebut.
  • Lalu klik pada tab Home, dan lihat pada kolom Number.
  • Kalau pada menu dropdown terlihat tulisan Text, maka silahkan Anda klik pada menu tersebut, dan pilih opsi General.
  • Jika sudah selesai, coba Anda buat kembali rumusnya dan lihat hasilnya dengan cukup menekan tombol Enter.

3. Opsi tampilkan Formula dimatikan

Untuk melihat setiap rumus pada sebuah file Excel, maka terdapat opsi yang bernama Show Formulas. Opsi ini akan menampilkan semua rumus-rumus Excel, pada setiap kolom (Cell) yang ada. Sehingga, hasil rumus tersebut pun tidak terlihat atau tertutupi oleh rumus tersebut. Nah, kalau Anda ternyata tidak bisa melihat hasil rumus yang Anda buat sebelumnya, maka kemungkinan opsi ini aktif. Opsi ini bisa aktif karena kemungkinan Anda pernah membuka file Excel yang mengaktifkan fitur tersebut. Untuk menonaktifkan atau mematikannya, caranya cukup mudah.

  • Silahkan Anda klik pada tab Formulas.
  • Di tab bawah Formulas tersebut, silahkan Anda klik opsi Show Formulas, pada tab yang bernama Formula Auditing.

Kini semua formula tersebut tidak akan terlihat lagi, dan akan menampilkan hasil dari formula secara otomatis.

4. Cek formula (rumus) Anda

Menuliskan rumus atau formula Excel memang harus benar-benar teliti. Pasalnya, ruang kerja atau kolom untuk menuliskannya memang kecil. Menuliskan rumus atau formula pada Excel itu sama dengan menuliskan koding atau script pada sebuah program atau website. Kalau ada kesalahan pada penulisan, entah itu tanda baca, seperti spasi, maka itu akan membuat rumus tidak bekerja.

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh para pengguna rumus Excel ini adalah spasi. Kemungkinan Anda menekan tombol Spasi (space) pada awal penulisan rumus yang biasanya di awali dengan tanda sama dengan (=).

Untuk mengeceknya, silahkan Anda klik dua kali pada cel rumus tersebut, dan hapus spasi pada awal rumus, atau menuliskan ulang rumusnya.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan jika mengalami masalah formula Excel yang tidak bekerja secara otomatis setelah dieksekusi. Kalau Anda memiliki masalah lain atau pertanyaan seputar Excel, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa cukup membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY