Firefox merupakan salah satu browser yang saat ini memang terbilang memiliki kelebihan dibandingkan Chrome atau browser lainnya, dalam hal mesin rendering. Pasalnya, browser Mozilla Firefox saat ini berjalan pada mesin rendering web Gecko. Browser Microsoft Edge sendiri pun kabarnya akan segera beralih menggunakan mesin rendering tersebut, untuk membuat browser bawaan sistem operasi Windows 10 ini bekerja dengan lebih baik.

Saat Anda baru menginstall sistem operasi, mungkin Anda pernah menginstall lebih dari 1 browser kan? Seperti Firefox, Opera, Chrome, Safari dan pastinya bawaan dari sistem operasi Windows 10 adalah Microsoft Edge dan Internet Explorer. Namun, tidak semua browser tersebut Anda gunakan dengan lebih intens, sehingga Anda hanya butuh satu browser default saja, yang nantinya akan secara otomatis membuka alamat link website yang Anda klik.

Menjadikan Firefox sebagai browser default

Saat Anda sudah memilih Firefox sebagai browser default, maka saat Anda mengklik sebuah link dari dokumen, aplikasi, atau software pihak ketiga lainnya, maka Anda pun akan diarahkan ke browser Mozilla Firefox ini. Namun, beberapa pengguna ternyata sempat mengalami masalah dengan ini. Di mana saat ingin menjadikan Firefox sebagai browser default, tapi ternyata tidak bisa.

Memperbaiki Mozilla Firefox yang tidak bisa dijadikan browser default

Untuk Anda yang mengalami masalah yang demikian, maka Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk mengatasinya:

1. Cek pengaturan Firefox

Silahkan Anda klik menu Firefox > Options > General. Pada halaman ini, silahkan Anda pilih opsi Set as default browser.

2. Melalui halaman pengaturan Windows 10

Pertama-tama, Anda buka menu Settings dengan menekan tombol Win + I pada keyboard, lalu pilih menu Apps > Default Apps.

Pada halaman ini, Anda akan melihat daftar program atau software yang terinstall di komputer Anda yang bekerja sebagai Default, termasuk browser default yang sekarang aktif.

Dari tab Browser web, silahkan Anda klik dan pilih Mozilla Firefox.

Ini harus menyelesaikan masalah Anda.

3. Install kembali versi terbaru dari browser Firefox

Kalau ternyata Anda sudah melakukan update, tapi tetap tidak bisa menetapkan Firefox sebagai default, maka Anda bisa menghapus (Uninstall) Firefox Anda, lalu install kembali yang versi terbaru dari halaman websitenya langsung. Lakukan penginstalan secara biasa, dan lakukan kembali pengaturan Firefox pada cara pertama di atas.

4. Hapus browser lainnya jika ada

Kalau ternyata Anda menginstall browser lain, selain Firefox, maka Anda bisa mencoba menghapus browser lain tersebut. Kemungkinan browser tersebut konflik atau bertentangan dengan Firefox.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah Firefox yang tidak bisa dijadikan default browser di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY