Sistem operasi Windows 10 yang sudah mendapatkan perhatian penuh dari Microsoft, memang tidak luput dari beberapa masalah pada sistem. Masalah tersebut bisa muncul, baik dari kesalahan pengguna sendiri atau pun karena bug yang ada di Windows itu sendiri. Akan tetapi, kalau masalah bug, biasanya pihak Microsoft sebagai developer Windows 10 akan langsung menangani dan memperbaikinya. Namun, kalau masalahnya karena disebabkan oleh pengguna sendiri, maka penyelesainnya perlu Anda cari tahu sendiri.

Mengatasi error Unknown software exception 0xe0434352 di Windows 10

Munculnya pesan error unknown software exception 0xe0434352 ini biasanya pada saat pengguna mematikan komputer atau saat membuka aplikasi. Masalah ini muncul karena adanya masalah terkait dengan aplikasi .NET framework. Di samping itu, ada juga karena masalah driver yang tidak kompatibel dengan versi terbaru dari Windows.

Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Lakukan clean boot

Clean booting merupakan proses booting dengan minimal aplikasi atau driver yang loading saat startup. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tekan Windows + R untuk membuka kolom RUN, lalu ketikkan msconfig, lalu tekan tombol Enter atau klik tombol OK.
  • Klik pada tab General dan kemudian hapus tanda centang pada kotak di samping Load startup items, dan berikan tanda centang pada opsi Load system services.
  • Klik pada tab Services, lalu berikan tanda centang pada opsi yang bertuliskan Hide all Microsoft services, dan klik tombol Disable all, yang ada pada bagian bawah. Lalu, klik tombol Apply dan OK.
  • Untuk menerapkan perubahan tersebut, silahkan Anda restart komputer Anda.

2. Install kembali .NET Framework

Karena memang masalah ini erat kaitannya dengan .NET Framework, maka Anda bisa mencoba untuk menguninstall, lalu install kembali aplikasi ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu RUN, lalu ketikkan appwiz.cpl, untuk membuka halaman Program and Features.
  • Klik kanan pada software .NET Framework dari daftar aplikasi yang ada, dan pilih opsi Uninstall.
  • Jika proses uninstall sudah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda.
  • Selanjutnya, adalah dengan mendownlad file.NET Framework dari link resmi berikut ini:

Download .NET Framework 3.5

Download .NET Framework 4.5  

  • Install .NET Framework seperti biasa, dan pastikan untuk merestart komputer Anda jika sudah selesai.

3. Jalankan System Restore

Kalau Anda sudah mengaktifkan System Restore sesaat sebelum mengalami masalah ini, maka Anda bisa menjalankan fitur tersebut untuk mengembalikan pengaturan seperti sebelumnya.

  • Silahkan Anda buka lagi kolom RUN, lalu ketikkan sysdm.cpl, untuk membuka halaman System Properties.
  • Klik pada tab System Protection dan kemudian klik System Restore. Kemudian pilih opsi Choose a different restore point, lalu klik tombol Next.
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada titik System Restore sesuai dengan tanggal atau waktu sebelum terjadi masalah tersebut, kemudian klik Next.
  • Klik tombol Finish, lalu komputer Anda melakukan restart untuk mengembalikan ke titik System Restore yang Anda pilih.

Akhir kata

Itulah beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah error Unknown software exception 0xe0434352 di Windows 10. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY