Sistem operasi Windows 10 melakukan update memang terbilang cukup rutin. Apalagi kalau, para pengguna juga sering melaporkan adanya bug pada saat menggunakannya. Bahkan, pada saat proses update ini pun terkadang ditemukan masalah oleh beberapa pengguna. Salah satu masalah tersebut adalah error 0x80073701 saat menginstall update Windows 10.

Cara mengatasi masalah error 0x80073701 saat menginstal update

Error 0x80073701 ini memiliki pesan lengkap yaitu ERROR_SXS_ASSEMBLY_MISSING. Maksud dari pesan error ini adalah adanya beberapa file sistem yang hilang, sehingga instalasi update dari Windows 10 ini tidak dapat dilanjutkan.

Walaupun error 0x80073701 ini memang tidak menyebabkan masalah yang cukup parah, namun, Windows 10 Anda tentunya tidak bisa menggunakan update terbaru tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda bisa mengikuti beberapa metode berikut ini.

1. Jalankan tool DISM

Tool DISM ini merupakan sebuah software bawaan dari sistem operasi Windows, yang berfungsi untuk melakukan perbaikan pada file sistem yang rusak atau hilang. Untuk menjalankan tool DISM ini sendiri, kita hanya memerlukan sebaris perintah melalui halaman Command Prompt (CMD), yaitu sebagai berikut:

Dism /Online /Cleanup-Image

Setelah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda.

2. Jalankan SFC (System File Checke)

SFC juga merupakan software bawaan ari sistem operasi Windows yang juga memiliki fungsi untuk memperbaiki fike sistem yang rusak (corrupt). SFC ini pun akan selalui berdampingan dengan tool DISM tersebut saat digunakan. Jadi, Anda juga cukup memasukkan sebaris perintah di dalam Command Prompt untuk menjalankannya.

Silahkan Anda buka Command Prompt sebagai Adminstrator, lalu jalankan perintah sfc /scannow. Jika proses scanning telah selesai, silahkan langsung restart komputer Anda.

3. Hapus folder SoftwareDistribution dan file patches di log

Cara yang terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus semua isi dari folder yang bernama SoftwareDistribution. Di dalam folder ini terdapat file-file hasil update dari Windows sebelum diinstall. Setelah semua file di dalamnya bersih, silahkan Anda restart komputer, dan coba lakukan proses update Windows kembali.

Di samping itu, Anda juga perlu menghapus file-file log patches. Cari file yang bernama CBS.log. Di dalam file tersebut, silahkan Anda cari kata-kata “ ERROR_SXS_ASSEMBLY_MISSING , ” dan periksa apakah ada update KB yang terkait di dalamnya. Kalau ternyata tidak ditemukan masalah, maka Anda bisa menggunakan perintah DISM berikut:

Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth

Akhir kata

Itulah beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah error 0x80073701 saat menginstall update Windows 10 di komputer. Kalau Anda memiliki solusi atau pertanyaan seputar pembahasan artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar ya!

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY