File dxgmms2.sys merupakan salah satu file driver yang ada di dalam sistem operasi Windows yang berkaitan dengan kemampuan rendering grafis komputer. Kalau terjadi error atau masalah pada file ini, maka nantinya biasanya akan menyebabkan blue screen pada komputer. Tapi, alasan utama seperti ini biasanya karena konflik RAM, hardisk, firmware yang tidak kompatibel serta driver yang korup.

Untuk memperbaiki permasalahan seperti ini tentunya akan sedikit membingungkan, karena perlu diketahui dengan pasti apa saja yang menjadi penyebab pastinya.

Biasanya, masalah ini juga akan diikuti dengan pesan error seperti di bawah ini:

  • SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED
  • SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION
  • KMODE EXCEPTION NOT HANDLED.
  • PAGE FAULT IN A NONPAGED AREA.
  • IRQL NOT LESS OR EQUAL.

Cara memperbaiki error blue screen dxgmms2.sys

Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan System Restore Point. Tapi, fitur system restore ini tentunya harus sudah aktif pada komputer Anda sebelumnya. Karena, dengan menggunakan system restore, maka Anda pun bisa dengan mudah mengembalikan kondisi dari sistem komputer seperti semula, sebelum terjadi masalah.

Tapi, kalau Anda ternyata belum sempat membuat system restore tersebut, maka Anda perlu menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk bisa memperbaikinya.

  1. Masalah yang terkait dengan Driver VGA

Kalau memang masalahnya ini berkaitan dengan VGA atau GPU Anda, maka Anda bisa mengunjungi halaman website produsen, seperti nVidia, AMD atau Intel, tergantung dari perangkat kartu grafis yang Anda gunakan. Silahkan Anda download driver terbaru dari VGA Anda tersebut, sesuai dengan tipe dan modelnya. Setelah itu, lakukan proses install seperti biasanya, dan pastikan untuk melakukan restart setelah menginstall driver tersebut.

Untuk perangkat VGA nVidia sudah disediakan GeForce Experience yang mempermudah Anda dalam mendownload dan menginstall driver secara otomatis.

  1. Update atau instal ulang DirectX

Perbaikan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan update atau install ulang DirectX. Dengan melakukan update tersebut, maka ini bisa memperbaiki komponen atau file dari DirectX yang rusak atau tidak kompatibel tersebut.

  1. Reset konfigurasi BIOS

Cara yang berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan reset pada konfigurasi BIOS komputer Anda. Silahkan Anda baca artikel cara reset BIOS komputer.

  1. Menggunakan Registry Editor (Regedit)

Silahkan Anda buka menu RUN dengan menekan tombol Win + R, lalu ketikkan regedit pada kolom yang tersedia dan tekan tombol Enter. Setelah masuk ke dalam halaman regedit, silahkan Anda menuju ke alamat HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\GraphicsDrivers.

Selanjutnya, klik kanan pada area kosong di panel sebelah kanan dan klik New> DWORD (32-bit) Value. Berikan nama TdrDelay pada DWORD baru tersebut.

Klik dua kali pada DWORD yang baru dibuat, dan ganti Value menjadi 10. Setelah itu, silahkan Anda tutup halaman regedit dan restart komputer Anda.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang Anda coba untuk memperbaiki masalah error dxgmms2.sys yang menyebabkan blue screen pada komputer Anda. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY