Remote Desktop merupakan salah satu aplikasi atau fitur yang memang sudah ada pada versi-versi sistem operasi Windows sebelumnya. Fitur ini sendiri sangatlah membantu dalam mengakses komputer dari jarak jauh, dengan memanfaatkan jaringan. Sehingga, Anda tidak perlu lagi harus datang atau berada di depan komputer tersebut.

Fitur Remote Desktop di Window ini biasanya digunakan oleh para teknisi atau bagian IT dalam perusahaan untuk menangani komputer klien yang bermasalah. Jadi, mereka hanya melakukan sistem remote dari tempat kerjanya, untuk memperbaiki permasalahan pada komputer tersebut, khususnya untuk permasalahan sistem.

Cara mengatasi layar hitam saat melakukan Remote Desktop di Windows 10

Pada sistem operasi Windows 10 pun, fitur Remote Desktop ini masih tetap ada. Fitur ini memang akan membuat pekerjaan semakin mudah dan fleksibel tanpa harus mendatangi komputer klien tersebut. Hanya saja, terkadang beberapa pengguna mengalami masalah saat menggunakan fitur Remote Desktop di Windows 10 ini. Di mana saat mereka sudah berhasil terhubung ke komputer klien, layar di Remote Dektop pun tiba-tiba berubah menjadi hitam (Black Screen).

Kejadian ini sendiri banyak dialami oleh para pengguna Windows 10 yang telah melakukan update pada Remote Desktop Protocol versi terbaru. Untuk penyebabnya sendiri diindikasikan ada dua hal, yaitu driver Display atau layar yang error, atau terjadi kesalahan konfigurasi pada penggunaan fitur Remote Desktop itu sendiri.

Gejala lain dari Black Screen di Windows 10 ini juga akan menyebabkan koneksi ke komputer klien akan langsung terputus. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita akan menangani indikasi penyebabnya berdasarkan dua hal di atas.

1. Nonaktifkan Persistent bitmap caching

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini, adalah dengan membuka Remote Desktop Connection, yang bisa Anda cari di start menu.
  • Setelah itu, silahkan And pilih pada Show Options untuk melakukan konfigurasi pada Remote Desktop Connection, lalu klik pada tab Experience.
  • Hapus tanda centang pada opsi yang bernama Persistent bitmap caching.

Setelah itu, coba Anda buka hubungkan kembali Remote Desktop Anda dengan komputer klien, dan lihat apakah layar hitam tersebut sudah menghilang atau belum.

2. Update driver Display

Driver Display ini adalah driver VGA yang Anda gunakan di komputer. Kalau Anda menggunakan VGA card, maka Anda bisa mendownload updatenya tersebut melalui halaman website vendor VGA card Anda. Atau Anda bisa juga melakukan update driver VGA melalui Windows 10 langsung, yang artikelnya bisa Anda baca di sini.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Black Screen saat menggunakan Remote Desktop di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY