Microsoft Edge adalah browser bawaan yang ada pada sistem operasi Windows 10 yang akan mengganti Internet Explorer. Fitur dan tampilannya pun memang terlihat lebih baik saat digunakan. Bahkan, baru-baru ini, Microsoft sudah meluncurkan kembali browser Microsoft Edge yang sudah menggunakan platform mesin Chromium seperti Mozilla Firefox. Sehingga, browser ini pun pasti akan bisa ikut bersaing dengan browser lainnya yang populer saat ini.

Walaupun ini masih dalam tahap preview, tapi akan tersedia dengan segera untuk perangkat-perangkat Windows lainnya. Pada Microsoft Edge terbaru ini pun telah ditambahkan berupa tema atau tampilan yang saat ini memang sedang trending atau banyak digunakan pada browser, yaitu Dark Mode. Karena masih dalam tahap preview, maka fitur ini pun tidak dapat Anda temukan dengan mudah di menu atau pengaturan browser.

Untuk mengaktifkan fitur ini, maka Anda perlu menggunakan perintah-perintah khusus seperti saat masuk ke dalam halaman setting Firefox atau Chrome.

Cara mengaktifkan tema Dark Mode Microsoft Edge

Kalau Anda memang pengguna setia browser Microsoft Edge ini, dan penasaran untuk mencoba tampilan dark mode tersebut, maka silakan Anda ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengaktifkannya.:

  • Silahkan Anda langsung membuka halaman Microsoft Edge. Tapi, pastikan Anda sudah menggunakan versi terbaru Microsoft Edge tersebut dengan melakukan update terlebih dulu.
  • Setelah itu, silahkan Anda buka browser Microsoft Edge, lalu ketikkan edge://flags, pada kolom URL-nya, dan tekan tombol Enter.
  • Pada kolom pencarian, silahkan Anda masukkan Microsoft Edge theme dan tekan tombol Enter.
  • Setelah opsi yang dicari tersebut muncul, silahkan Anda ubah opsi menjadi Enable.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan restart pada Microsoft Edge untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan.

Setelah restart, silahkan Anda buka Microsoft Edge tersebut dan lihat tampilannya. Tapi, kalau Anda merasa tampilan tersebut tidak segelap namanya, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda masih bisa membuat tema tersebut benar-benar terlihat dark mode dengan cara-cara berikut:

  • Tekan kombinasi tombol Win + i pada keyboard untuk membuka halaman Settings Windows 10.
  • Selanjutnya, silahkan Anda pilih menu Personalization > Colors.
  • Scroll ke bawah hingga Anda mendapatkan opsi default app mode, lalu Anda ubah menjadi Dark.
  • Jika sudah, silahkan Anda buka kembali Microsoft Edge lalu cek tampilannya yang seharusnya sudah menjadi benar-benar gelap sesuai namanya (Dark Mode).

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah tampilan dari Microsoft Edge terbaru di Windows 10 menjadi Dark Mode. Kalau Anda memiliki pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah artikel ini.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY