Fitur terbaru dari Skype pun telah ditambahkan untuk para pengguna perangkat komputer Windows 10. Fitur ini mirip dengan fitur berbagi layar yang ada pada aplikasi Discord. Di mana Anda bisa memperlihatkan tampilan layar kepada teman chating, video call, dan lainnya. Cara ini pun pasti akan sangat membantu saat Anda ingin melakukan presentasi pekerjaan kepada klien, tanpa harus bertemu secara langsung.

Cara berbagi Layar di Skype

Untuk Anda yang memang ingin mencoba fitur bawaan terbaru dari Skype ini, maka silahkan Anda ikuti langkah singkatnya di bawah ini:

  • Pertama-tama, silahkan Anda buka aplikasi Skype di komputer Anda, lalu pilih salah satu dari daftar kontak Anda, dan lakukan panggilan video atau audio.
  • Berikutnya, silahkan Anda klik pada Skype Interface untuk melihat opsi panggilan yang lebih.
  • Pada sudut kanan bawah, silahkan Anda klik 2 tombol kotak yang bertumpuk.

  • Atau cukup klik tombol ikon + yang ada di sudut kanan bawah.

  • Selanjutnya, silahkan Anda klik tombol Screen Share.

Kini, teman chatting atau video call Anda pun bisa melihat tampilan dari layar komputer Anda. Anda pun bisa melihat garis yang berwarna kuning di layar Anda, yang merupakan tanpa kalau fitur ini sudah aktif. Kalau Anda ingin mematikan fitur tersebut, maka Anda cukup mengklik lagi pada tombol Screen Share tersebut.

Cara berbagi Layar di Skype for Business

Tidak hanya pada Skype biasa saja, tapi untuk Anda pengguna Skype for Business pun bisa menampilkan fitur Screen Share tersebut. Hebatnya lagi, untuk Skype for Business ini bisa menampilkan keseluruhan dari layar komputer Windows 10 Anda atau pun memilih hanya program tertentu saja yang ingin ditampikan. Fitur ini pun bisa digunakan dalam mode Metting, Call, dan Instant messaging (IM) conversation.

Untuk berpindah dari satu tampilan aplikasi, maka Anda cukup mengklik Desktop dan beralih lagi dengan membuka program lainnya. Untuk memulainya, silahkan Anda arahkan kursor ikon monitor, pada bagian bawah halaman Conversation. Setelah itu, silahkan Anda klik dan pilih tab ‘Present’. Setelah itu, silahkan Anda klik pada opsi berikut sesuai kebutuhan:

  1. Present Desktop : untuk berbagi konten Desktop.
  2. Present Program : untuk berbagi program atau file tertentu.
  3. Present Powerpoints Files : untuk menampilkan presentasi file dalam bentuk file Powerpoints.

Berikutnya, Anda cukup klik tombol Share yang ada pada bagian atas layar jika Anda sudah selesai berbagi layar. Hal yang perlu untuk perhatikan saat menggunakan fitur ini Skype for Business adalah, Anda tidak dapat menerima panggilan atau pesan masuk instan.

Akhir kata

Itulah cara menggunakan Screen Share (berbagi layar) pada aplikasi Skype untuk Windows 10. Kalau Anda memiliki pertanyaan atau tambahan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY