VLC Player adalah salah satu dari sekian banyaknya pemutar video, yang bisa Anda gunakan pada sistem operasi Windows 10. VLC Player ini juga termasuk dalam daftar pemutar video terbaik dan banyak digunakan, karena gratis. Bahkan ada beberapa video yang tidak terbaca pada Media Player Classic atau pun Windows Media Player, tapi tetap bisa berjalan pada VLC Player ini loh!

Di artikel ini juga, Saya akan membagikan trik untuk menampilkan 2 subtitle secara bersamaan pada VLC Player ini. Kenapa harus menampilkan dua subtitle pada VLC? Mungkin Anda ingin belajar bahasa dari file atau video tersebut.

Cara Menampilan 2 subtile secara bersamaan di VLC Player

Berikut ini ada 3 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menampilkan 2 subtitle secara bersamaan pada VLC Player.

1. Download file subtitle

Pastikan file subtitle tersebut kompatibel dengan pemutar media atau VLC Player yang Anda gunakan. Untuk menampilkan 2 subtitle secara bersamaan di VLC Player, maka Anda perlu untuk memuat file subtitle pertama, melalui fitur bawaan VLC. Untuk menampilkan subtitle yang kedua, maka Anda perlu menginstall plugin VLC, dan pastikan untuk merename file subtitle tersebut seperti nama video..

2. Download ekstensi (mod) Subtitler Lite untuk VLC

Setelah file subtitle sudah tersedia, saat Anda mendownload mod atau ekstensi untuk sutbtile tersebut. Secara default, mod ini akan menampilkan subtile berbahasa Inggris. Tapi, Anda bisa mengubah dan menambahkan subtile dari bahasa lain di dalamnya.

Setelah mod tersebut sudah selesai Anda download, maka silahkan Anda ekstrak file yang berekstensi .lua, lalu letakkan di dalam subfolder c:\users\namauser\AppData\Roaming\vlc\lua. Atau Anda bisa melihat gambar di bawah ini:

Jika sudah selesai, hal yang perlu untuk Anda lakukan adalah membuka video yang ingin Anda jalankan, dan Anda bisa langsung menjalankan file subtitle awal melalui fitur bawaan dari VLC itu sendiri. Selanjutnya, klik menu View yang ada di toolbar VLC Player, lalu pilih VLSub seperti pada gambar di bawah ini.

Kemudian akan muncul jendela pop up kecil yang menampilkan tombol Refresh. Kalau ternyata subtitle tidak muncul, maka Anda perlu menekan lagi tombol refresh tersebut agar subtile bisa muncul.

3. Install Key Presser

Sesuai dengan langkah kedua di atas, Anda tentunya tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk menekan tombol Refresh terus menerus. Maka dari itu, Anda perlu untuk menginstall aplikasi tambahan yang bernama Key Presser. Silahkan Anda download dan install aplikasi Key Presser tersebut seperti biasa. Setelah itu, lakukan konfigurasi dengan membuka aplikasi Key Presser tersebut, lalu pilih Subtitle Lite.

Pada bagian kolom Key, silahkan Anda pilih Enter dari daftar. Pada kolom Time Interval, silahkan Anda masukkan nilai yang diinginkan, misalnya -100ms. Lalu klik tombol Start. Dan, subtitle yang kedua pun akan muncul.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY