Saat pertama kali menyalakan komputer, biasanya para pengguna komputer yang masih awam melakukan klik kanan dan memilih opsi Refresh. Menambahkan shortcut pada kontek menu (klik kanan) ini memang sangatlah membantu. Karena, bisa mempercepat pekerjaan pada komputer. Apalagi, kalau pada menu-menu klik kanan tersebut ada tambahan program atau aplikasi komputer yang sering Anda buka. Maka Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari dan membukanya melalui start menu.

Cara menambahkan program apapun pada klik kanan Windows 10

Menambahkan shortcut program atau aplikasi pada menu klik kanan Windows 10 ini memang bisa dilakukan dengan mudah. Semua cara tersebut bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan tool Registry Editor (regedit). Namun, untuk mengutak-atik halaman regedit pada Windows 10 Anda ini, sebaiknya Anda didampingi oleh orang yang sudah ahli atau pastikan membuat backup regedit dan membuat System Restore, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan (kerusakan file regedit).

Langkah-langkah menambahkan program pada klik kanan Windows 10 ini bisa Anda lakukan dengan mengikuti cara di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah dengan menekan tombol Win + R pada keyboard, lalu ketikkan regedit pada kolom RUN tersebut, dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman regedit.
  • Setelah halaman regedit terbuka, silahkan Anda menuju ke halaman Computer\HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell.
  • Klik kanan pada panel kanan yang kosong, lalu pilih New > Key. Selanjutnya, silahkan Anda ketikkan nama program atau aplikasi yang ingin Anda tambahkan tersebut. Seperti contoh pada artikel ini adalah program FileZilla.
  • Jika sudah, silahkan Anda klik Folder yang bertuliskan FileZilla yang baru Anda buat tadi pada daftar panel sebelah kiri. Lalu klik kanan lagi pada panel sebelah kanan yang kosong dan pilih New > Key, lagi.

  • Isikan nama Key (folder) baru tersebut dengan nama command. Lalu klik folder command yang ada di bawah folder FileZilla pada panel sebelah kanan.
  • Pada panel sebelah kanan untuk folder command tersebut, silahkan Anda modifikasi opsi Default yang ada.
  • Tapi, sebelumnya Anda harus mengetahui titik lokasi (folder) dari file eksekusi (.exe) program yang ingin Anda jalankan dari klik kanan tersebut.

  • Biasanya, default dari program yang terinstall di Windows itu berada pada halaman C:\Program Files\namaprogram. Misalnya saja, program FileZilla ini, berada pada lokasi C:\Program Files\FileZilla FTP Client\filezilla.exe. Copy alamat folder tersebut, lalu klik dua kali pada string Default command di regedit tersebut, dan paste alamat folder tersebut pada kolom Value Data.
  • Setealh itu, klik tombol OK, dan akan terlihat seperti ini.

  • Untuk menerapkan perubahan yang Anda lakukan pada regedit, Anda harus me-restart komputer Anda.

Setelah komputer restart, silahkan Anda coba klik kanan pada halaman Desktop, dan lihat daftar menu yang muncul pada klik kanan tersebut.

Akhir kata

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan program pada klik kanan Windows 10 tanpa program pihak ketiga. Anda bisa mengulangi cara ini untuk menambahkan program lainnya.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY