Windows 10 yang digadang-gadang menjadi sistem operasi versi terakhir dari Windows ini, memang menjadi perhatian penuh dari pihak developernya, yaitu Microsoft. Hal inilah yang membuat sistem operasi Windows 10 masih rutin mendapatkan update dari Microsoft secara langsung. Pada update terbaru kemarin, Windows 10 memperkenalkan beberapa tambahan fitur terbaru. Salah satu update yang ada itu adalah terdapat fitur yang bisa memisahkan antara Start Menu dari proses Windows Explorer.

Kalau dulunya, Start menu menjadi bagian dari Windows Explorer, di mana saat Windows Explorer menjadi error, maka Start menu tidak dapat juga digunakan. Begitu pula sebaliknya. Karena, prosesnya kini sudah terpisah, maka jika salah satu mengalami gangguan atau error, maka tidak akan mengganggu proses satu sama lainnya.

Cara menambahkan Restart Start Menu di klik kanan Windows 10

Proses Start menu ini sendiri sudah bisa Anda lihat pada halaman Task Manager, dengan nama StartMenuExperienceHost.exe. Kalau Start Menu tidak memberikan respon atau error, maka tentunya Windows Explorer tetap bisa Anda akses. Tapi, kalau memang Anda ingin tetap Start menu terbuka atau berjalan dengan lancar, maka Anda bisa melakukan Restart Start menu tersebut.

Proses restart melalui Task Manager bisa dikatakan tidak terlalu efektif. Tapi, kalau Anda menambahkan opsi Restart Start Menu tersebut ke dalam opsi klik kanan di Desktop, maka ini tentunya bisa lebih efektif dan cepat. Untuk menambahkan opsi Restart Start menu di klik kanan Windows, maka Anda perlu melakukan beberapa modifikasi pada halaman Registry Editor (Regedit).

Mengedit halaman regedit ini, sebaiknya Anda didampingi oleh pengguna Windows yang sudah berpengalaman. Tapi, kalau Anda memang sudah cukup berpengalaman atau sering mengutak-atik regedit, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Tambahkan ‘Restart Start Menu’ klik kanan Desktop Windows

  • Silahkan Anda download file regedit yang telah kami siapkan di sini.
  • Jika sudah, silahkan Anda ekstrak terlebih dulu file tersebut, lalu klik dua kli file.
  • Kalau muncul notifikasi UAC (User Account Control), maka klik saja tombol Yes.
  • Selanjutnya, klik lagi tombol Yes, jika muncul notifikasi untuk Regedit.
  • Untuk menerapkan perubahan yang Anda lakukan pada regedit tersebut, maka silahkan Anda restart komputer Anda terlebih dulu.

Setelah komputer kembali menyala, maka silahkan Anda klik kanan pada Desktop, maka opsi atau tombol Restart Start Menu akan muncul.

2. Hapus opsi ‘Restart Start Menu’ dari klik kanan Desktop Windows

  • Silahkan Anda download file regedit ini terlebih dulu.
  • Klik dua kali pada file tersebut, seperti pada langkah kedua sampai keempat di cara pertama di atas.
  • Setelah selesai, pastikan untuk restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan pada regedit.

Setelah komputer Anda kembali menyala, silahkan Anda klik kanan desktop dan cek apakah opsi Restart Start Menu tersebut masih ada atau sudah hilang.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY