Seperti yang kita ketahui, perkembangan dunia teknologi, khususnya untuk software sudah semakin pesat. Sebut saja salah satunya adalah sistem operasi, di mana saat ini memang selalu mendapatkan perhatian dari produsennya, seperti Microsoft dengan sistem operasi Windows 10 terbarunya. Tidak hanya dari sisi produsen sistem operasi itu sendiri, dari developer aplikasi pihak ketiga pun turut andil dalam mengembangkan sistem operasi Windows 10 ini.

Salah satu hasil dari pengembangan software oleh developer pihak ketiga itu adalah memberikan fitur gesture dengan menggunakan mouse (touchpad) di Windows 10. Fiture gesture ini sendiri sebenarnya termasuk fitur yang sudah bisa ditemukan pada perangkat smartphone, seperti Android atau iOS. Fungsinya itu untuk mempermudah para penggunanya dalam mengakses aplikasi atau pun membuat catatan, mengirim pesan teks dan lainnya. Anda cukup membentuk sebuah gambar atau huruf pada layar dengan menggunakan jari atau touchpen, maka aplikasi atau pun teks bisa terbentuk dengan sendirinya.

Cara menambahkan fitur Gesture di PC Windows 10

Pada artikel kali ini Saya akan membagikan kepada para pengguna Windows 10 mengenai fitur gesture ini. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam menggunakan komputer, seperti PC atau laptop Windows 10 Anda. Untuk menambahkan fitur gesture di Windows 10, maka kita memerlukan beberapa software atau program pihak ketiga. Di mana diantaranya bisa Anda lihat di bawah ini:

1. High Sign

Software pertama ini bernama High Sign, yang memungkinkan Anda untuk bisa membuat gesture sendiri sesuai keinginan Anda. Hebatnya lagi, Anda tidak dibatasi untuk membuat bentuk atau model gesture tersebut. Di samping itu pula, software ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai operasi tertentu dengan gesture tersebut.

Hanya saja, software ini belum pernah mendapatkan update dari developer sejak dari perilisannya. Namun, software ini tetap masih bisa digunakan dan berfungsi dengan baik pada komputer Windows 10 versi terbaru. Untuk mendapatkan software ini, Anda bisa mengunjungi link archive.codeplex.com/?p=highsign.

2. StrokeIT

StrokeIt ini sendiri bisa dibilang sebagai salah satu software yang memberikan tambahan fitur gesture dengan gerakan mouse atau touchpad pada laptop yang paling populer saat ini. Software ini pun bersifat open source dan memiliki banyak plugin yang bis Anda tambahkan yang berlisensi MIT loh! StrokeIt ini sendiri bekerja dengan sangatlah sederhana yag bisa mengontrol fungsi atau tugas tertentu pada komputer Windows 10 Anda dengan cukup pergerakan mouse.

Anda cukup menekan tombol klik kiri pada mouse, lalu lanjutkan dengan menggerakkan mouse di layar Anda sesuai keinginan Anda. Pihak developer sendiri sudah mengklaim, kalau softwarenya ini bisa mengenali lebih dari 80 gesture mouse. Software ini bisa pun bersifat gratis, baik itu untuk perorangan ataupun untuk perkantoran.

Menariknya lagi, software StrokeIt ini sudah menambahkan beberapa shortcut gesture sendiri, seperti browser Chrome, Internet Explorer, Firefox, dan juga Photoshop. Sehingga, Anda tidak perlu lagi repot-repot menambahkan shortcut aplikasi di desktop atau pun bersusah payah mencari aplikasi di start menu. Cukup dengan menggerakkan mouse sesuai dengan shortcut aplikasinya, maka Anda bisa langsung membuka browser-browser tersebut.

Software ini pun terbilang sangatlah ringan, di mana Anda pun bisa mengatur penggunaan gesture shortcut itu sendiri nantinya. Silahkan Anda download software ini melalui link tcbmi.com/strokeit/downloads.shtml.

3. StrokePlus

Software gesture ketiga yang bisa memberikan tambahan fitur gesture mouse terbaik adalah StrokePlus. Software ini pun sudah dilengkapi dengan 35 gesture bawaan yang memungkinkan untuk mengontrol berbagai fungsi di software seperti Windows Explorere, Chrome, dan juga Firefox. Saya sendiri sudah menambahkan beberapa gesture terbaru untuk beberapa software yang paling sering Saya akses, seperti Office, Adobe Photoshop, Illustrator, dan Corel Draw.

Untuk menambahkan gesture shorcut pada software tertentu, maka Anda cukup memilih softwarenya, lalu klik pada tombol Add App. Hebatnya, lagi, software StrokePlus ini memungkinkan Anda untuk menggunakan scroll pada gesture tersebut. Anda bisa langsung mencoba software ini dengan mengikuti link strokesplus.com.

4. Just Gestures

Software yang satu ini sudah menggambarkan fungsi sebenarnya. Pada awalnya, Saya pun cukup ragu-ragu untuk menggunakan software ini. Pasalnya, pihak developer belum pernah mengeluarkan update terbaru. Akan tetapi, setelah mulai menggunakannya, software ini ternyata bisa dibilang cukup menarik. Just Gesture ini bersifat open source yang menawarkan cara yang cukup elegan untuk menggunakan gesture mouse pada perangkat PC atau pun laptop Windows.

Anda pun dibekali dengan fitur untuk menambakan gesture sendiri. Hebatnya lagi, software ini bisa mendeteksi gerakan mouse Anda, lalu memberikan saran yang tepat kalau terjadi kesalahan. Just Gesture merupakan software yang cukup lengkap untuk memberikan fitur gesture pada komputer Anda. Karena, software ini mendukung gesture kurva, kombinasi dua tombol, dan juga tombol scroll pada mouse. Untuk membuat gesture, di sini kita menggunakan tombol klik kanan pada mouse. Silahkan Anda klik kanan mouse, lalu tahan dan gerakkan mouse untuk membentuk gesture yang diinginkan.

Kalau Anda ingin langsung mencoba software ini, maka silahkan Anda download softwarenya, melalui link resminya di website justgestures.com/download.

Akhir kata

Itulah beberapa software terbaik untuk menambahkan fitur gesture pada komputer Windows 10 Anda. Sehingga Anda pun bisa dengan mudah untuk mengakses aplikasi atau software tertentu, seperti pada perangkat smartphone. Kalau Anda memiliki software atau cara lain dalam menambahkan fitur gesture di Windows 10, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY