Membuka sebuah halaman situs berbahasa asing tentunya akan menyulitkan Anda mengetahui arti dari artikel atau berita yang ada di dalamnya. Anda bisa saja menggunakan Google Translate untuk bisa menerjemahkan semua isi dari website tersebut. Hanya saja, membuka halaman Google Translate dan juga website yang ingin ditranslate tentunya akan sedikit ribet. Karena, Anda harus mengcopy lagi semua isi artikel dari situs tersebut ke dalam Google Translate.

Untuk browser Google Chrome, fitur translate otomatis bisa Anda temuka pada saat mengklik kanan website tersebut atau bisa Anda temukan pada kolom urlnya. Sehingga, semua isi atau konten dari situs tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang Anda ketahui.

Bagi pengguna browser Mozilla Firefox, fitur translate ini memang tidak akan muncul secara default. Anda harus mengaktifkan fitur tersebut secara manual dengan cara seperti di bawah ini.

Cara menggunakan fitur translate di firefox

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan membuka browser Mozilla Firefox di komputer Anda.
  • Jika Mozilla Firefox tersebut sudah terbuka, silahkan Anda langsung lanjut menuju ke kolom url (address bar), kemudian ketikkan about:config. Kalau nantinya Anda melihat adanya peringatan, maka Anda cukup klik pada opsi I accept the risk!.

  • Selanjutnya, pada kolom pencarian yang berada di bagian tengah atas, silahkan Anda masukkan kata translation.ui.show.
  • Jika hasil pencariannya sudah muncul, maka silahkan Anda klik kanan pada fitur tersebut, lalu aktifkan fitur tersebut dengan memilih opsi Toggle yang muncul, atau cukup diklik 2 kali saja dan fitur tersebut pun akan aktif.

  • Setelah selesai dengan pengaturan fitur tersebut, maka silahkan Anda langsung menutup Firefox Anda dan membukanya lagi (restart Firefox).
  • Selanjutnya, silahkan Anda menuju ke menu Options, lalu silahkan Anda scroll hingga ke bagian bawah sampai Anda menemukan opsi Language. Kemudian, Anda berikan tanda centang pada opsi yang bertuliskan Translate web content, yang memperlihatkan tulisan Translation by Microsoft Translator yang terlihat unik.

  • Jika, semua pengaturan di atas sudah selesai Anda terapkan, maka silahkan Anda langsung membuka halaman situs untuk ditranslate, misalnya segiempat.com yang ingin Anda translate menjadi bahasa Inggris.
  • Opsi translate ini pun akan muncul pada bagian atas toolbar browser Firefox Anda. Silahkan Anda pilih bahasa untuk ditranslate dan klik pada tombol Translate. Maka semua kata atau kalimat di website tersebut akan langsung ditranslate sesuai dengan bahasa yang Anda inginkan

Penutup

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk menambahkan fitur translate pada halaman browser Firefox Anda. Dengan cara ini, maka Anda tidak perlu lagi membuka halaman situs Google Translate jika menemukan bahasa asing pada website tertentu.

Selamat mencoba!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY