Pada sistem operasi Windows sebenarnya kita tidak perlu lagi menggunakan antivirus, karena sudah ada Windows Defender sebagai antivirus bawaan sekaligus sistem pertahanan dari Microsoft langsung. Windows Defender ini sendiri sudah tersedia pada Windows Vista/7/8/8.1 dan Windows 10.

Hanya saja, terkadang terjadi masalah pada Windows Defender ini, yan salah satunya adalah tidak bisa diaktifkan atau tidak bekerja. Untuk itu, pada artikel kali ini Saya akan membahas mengenai penanganan masalah Windows Defender yang tidak bekerja pada Windows 10 ini.

Mengatasi masalah Windows Defender nonaktif atau tidak berfungsi

Kalau Anda memiliki system restore yang sudah diset sebelum terjadi masalah ini, maka Anda bisa menggunakannya untuk kembali ke titik sebelum terjadinya masalah tersebut. Tapi, kalau belum maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini:

  1. Coba cek Windows update Anda apakah sudah pada versi terbaru, yang mana pada Windows Update tersebut kemungkinan tersedia update terbaru untuk Windows Defender juga.
  2. Uninstall antivirus pihak ketiga jika ada yang terinstall di komputer Anda. Karena, kemungkinan ini menimbulkan konflik dengan Windows Defender.
  3. Cek virus atau malware di komputer Anda dengan menggunakan antivirus portabel yang offline.
  4. Cek service dari Windows Defender melalui Task Manager atau halaman Windows Services Manager. Pastikan semua service diset ke startup Automatic.
  5. Daftarkan kembali file dll berikut ini. Pastikan menjalankan setiap perintah di dalam halaman Command Prompt satu persatu yang diakhiri dengan menekan tombol Enter:
  • regsvr32 wuaueng.dll
  • regsvr32 wucltui.dll
  • regsvr32 softpub.dll
  • regsvr32 wintrust.dll
  • regsvr32 initpki.dll
  • regsvr32 wups.dll
  • regsvr32 wuweb.dll
  • regsvr32 atl.dll
  • regsvr32 mssip32.dll

Anda juga bisa mendownload software yang bernama FixWin yang tersedia secara gratis untuk melakukan perbaikan system menjadi default.

  1. Buka regedit, dan silahkan Anda menuju ke halaman berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Defender

Pastikan nilai DisableAntiSpyware dan DisableAntiVirus bernilai (Value) 1 (satu). Kalau nilainya adalah 0 (Nol), maka Anda ubah menjadi 1. Setelah itu, silahkan Anda restart komputer Anda untuk menerapkan perubahannya.

  1. Buka halaman Windows Security Center, lalu klik pada link “Check Settings” untuk Malware Protection jika tersedia. Setelah itu klik tombol “Turn on now”. Kalau muncul pesan “There are no new definitions available to download for Windows Defender”, maka ini bisa saja dikarenakan masalah WMI Repository. Untuk itu, silahkan Anda WMI Reposistory tersebut dengan cara sebagai berikut:
  • Buka halaman Command Prompt (Admin), dan ketikkan perintah winmgmt /verifyrepository, dan tekan tombol Enter.
  • Jika muncul pesan “WMI repository is not consistent”, ketikkan perintah winmgmt /salvagerepository, dan tekan tombol Enter.

  • Setelah itu, coba Anda aktifkan kembali Windows Defender Anda.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY