Windows Defender merupakan sistem pertahanan keamanan, yang juga berfungsi sebagai antivirus bawaan dari sistem operasi Windows. Jika Windows Defender memberikan notifikasi kode error 0x80073afc saat komputer Anda di mode startup atau saat Anda ingin menjalankan Windows Defender ini secara manual, maka bisa jadi penyebabnya itu adalah ada file yang rusak.

Masalah ini pun bisa terjadi jika ada software pihak yang mengganggu sistem keamanan komputer Windows.

Mengatasi masalah Windows Defender error 0x80073afc

Kalau Anda pernah membuat system restore, maka Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk kembali ke waktu komputer Anda masih normal. Tapi, kalau fitur ini tidak Anda manfaatkan atau aktifkan, maka sebaiknya Anda mulai mengaktifkan dan memperhatikan fitur tersebut sebelum Anda melakukan modifikasi atau perubahan setting di Windows Anda.

Di bawah ini kami telah menyiapkan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki maslah error 0x80073afc pada Windows Defender di Windows 10 tersebut:

  1. Periksa semua status Service yang terkait Windows Defender

Silahkan Anda tekan tombol Win + R, lalu ketikkan services.msc pada kolom RUN, dan tekan tombol Enter.

Setelah halaman Windows Services Manager terbuka, silahkan Anda klik kanan pad service berikut ini satu persatu, lalu pilih opsi Properties.

  • Windows Defender Advanced Threat Protection.
  • Windows Defender Advanced Network Infrastructure.
  • Windows Defender Antivirus Service.

Jika sudah terbuka halaman Properties, silahkan Anda pilih jenis Startup-nya menjadi Manual, dan klik pula tombol Start. Setelah itu, buka juga jendela Properties untuk services Windows Defender Firewall. Lalu ubah jenis Startup menjadi Otomatis, dan klik tombol Start.

  1. Daftarkan ulang file DLL yang terkait

Ada beberapa file dll yang berkaitan dengan Windows Defender ini yang perlu untuk Anda daftarkan kembali. Caranya adalah dengan menekan tombol Win + X, lalu pilih opsi Command Prompt (Admin). Setelah itu, silahkan Anda ketikkan perintah di bawah ini satu persatu.:

  • regsvr32 atl.dll
  • regsvr32 wuapi.dll
  • regsvr32 softpub.dll
  • regsvr32dll

Setelah itu, silahkan Anda restart komputer Anda.

  1. Menggunakan Regedit (Registry Editor)

Tekan tombol Win + R pada keyboard, lalu ketikkan regedit pada kolom RUN, dan tekan tombol Enter. Setelah halaman regedit tersebut, silhkan Anda langsung menuju ke halaman berikut:

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options

Kalau di dalam halaman tersebut, Anda mendapatkan DWORD bernama MSASCui.exe, MpCmdRun.exe, MpUXSrv.exe, atau msconfig.exe. Silahkan Anda hapus semua DWORD tersebut. Tapi, kalau tidak ada, maka lanjut pada cara selanjutnya.

  1. Mengecek Advance System Settings

Silahkan Anda klik tombol Start, lalu langsung ketikkan View advanced system settings. Kemudian, klik hasil yang sesuai. Setelah terbuka jendela mini, maka silahkan Anda langsung klik pada tab Advanced. Di dalam halaman tersebut, Anda lanjut klik pada tombol Environment Variables…

Untuk kolom Variable name Anda isi %ProgramData%, lalu pada Variable Value Anda isi dengan C:\ProgramData. Kemudian, Anda pilih OK untuk menyimpan pengaturannya.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY