Pada sistem operasi Windows, Explorer adalah salah satu fitur terpenting untuk para pengguna. Pasalnya, dalam memudahkan akses ke file-file yang tersimpan di dalam media penyimpanan, baik itu hardisk internal, eksternal, optical drive, hingga pada flashdisk para pengguna bisa menggunakan Windows Explorer. Cukup dengan menekan tombol Win + E atau mengklik pada menu This PC, maka semua file pun bisa diakses dengan mudah.

Sebenarnya masih ada cara lain, seperti membuka Command Prompt (CMD). Tapi, ini tentunya akan cukup sulit untuk beberapa pengguna yang masih awam. Pasalnya, di dalam halaman CMD ini semuanya menggunakan perintah-perintah tertentu.

Nah, bagaimana kalau pada komputer Windows 10 Anda, Windows Explorer mengalami masalah, seperti hang atau loading terus dengan pesan Working on it? Di mana Anda pun tidak tahu menggunakan perintah-perintah CMD dalam mengakses file-file di dalam komputer. Di bawah ini akan Saya bahas mengenai cara mengatasi permasalahan tersebut.

Mengatasi masalah Windows Explorer lambat loading dengan pesan Working on it

Tidak sedikit dari pengguna sistem operasi Windows, baik itu Windows 7, 8, 8.1, hingga pada sistem operasi terbaru Windows 10 ini masih mengeluhkan permasalahan yang sama, yaitu saat membuka Windows Explorer sangat lambat dengan pesan Working on it. Bahkan, permasalahan ini pun dialami oleh para pengguna media penyimpanan SSD yang diklaim bisa mempercepat loading file-file pada sistem operasi.

Kalau Anda termasuk salah satu pengguna yang mengalami masalah tersebut, maka beberapa cara di bawah ini mungkin bisa membantu dalam mengatasinya:

Tapi, kabar baiknya adalah ini bisa diperbaiki dengan mudah. Inilah cara melakukannya.

  1. Hapus cache Quick Acces
  • Buka file explorer dan silahkan Anda menuju ke alamat folder yang ada di bawah ini:

%AppData%\Microsoft\Windows\Recent\AutomaticDestinations

  • Setelah Anda berada pada halaman folder tersebut, silahkan Anda hapus semua file yang ada di dalamnya.

Jika semua file sudah terhapus, silahkan Anda buka Windows Explorer kembali, apakah sudah lancar. Kalau memang masih lambat, maka silahkan Anda lanjut ke cara berikutnya

  1. Rebuild search index
  • Buka Start Menu Windows, dan cari indexing options.
  • Klik pada Indexing Options dari hasil pencarian tersebut.

  • Pada halaman Indexing Options ini, silahkan Anda klik Advanced.

  • Selanjutnya, Anda tinggal klik tombol Rebuild.

  1. Mengoptimalkan folder

Sebagai contoh, pada folder Download di mana di dalamnya terdapat cukup banyak file, maka biasnya memang akan cukup lama dalam menampilkan file-file tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, silahkan Anda ikuti langkah-langkah ini:

  • klik kanan pada folder Download dan pilih Properties.

  • Selanjutnya, klik pada Customize Tab.
  • Berikutnya, pilih General items dari daftar menu Optimize this folder.

  • Pastikan pula, opsi yang bertuliskan also apply this template to subfolders sudah diberikan tanda centang.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba dalam mengatasi masalah Windows Explorer lambat meload file di komputer Windows 10 Anda.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY