Skype merupakan software yang bisa dikatakan cukup populer digunakan untuk bisa terhubung dengan teman, keluarga, atau pun pacar. Pasalnya, software ini memang digunakan untuk berkomunikasi baik dalam bentuk pesan (chat), panggilan (telepon), atau pun video call. Hebatnya lagi, fitur video call pada Skype sudah mendapatkan upgrade, di mana kita bisa menjalankan video call sampai 4 orang. Jadi, bagi Anda yang ingin mengadakan pertemuan atau rapat melalui Skype juga bisa.

Untuk bisa video call menggunakan Skype itu, tentunya kita membutuhkan yang namanya webcam. Kalau Anda menggunakan laptop, biasanya webcam sudah include pada bagian covernya. Tapi, kalau Anda menggunakan PC, maka Anda tentunya perlu membelih webcam tambahan. Pastikan juga microphone pada komputer Anda berfungsi dengan baik, sehingga Anda bisa tetap lancar berkomunikasi.

Webcam tidak berfungsi pada Skype

Beberapa pengguna sempat mengeluhkan masalah webcam yang tidak berfungsi pada software atau aplikasi Skype miliknya. Kalau Anda termasuk yang mengalami masalah tersebut, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara sebagai berikut.

1. Uji coba dulu perangkat webcam Anda

Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk menangani masalah ini, maka Anda tentunya perlu melakukan pengecekan dan uji coba pada perangkat Webcam Anda terlebih dulu. Coba Anda cek, apakah webcam Anda tersebut memang tidak memiliki masalah sebelumnya, atau pemasangan yang mungkin perlu Anda cek juga.

Kalau Anda menggunakan sistem operasi Windows, maka Anda bisa melakukan pengecekan tersebut menggunakan fitur aplikasi Camera bawaan dari Windows. Silahkan Anda buka Start menu, lalu ketikkan Camera. Jika hasil pencarian sudah muncul, silahkan Anda klik pada aplikasi Camera tersebut. Kalau nantinya ada pesan UAC muncul, maka silahkan Anda klik saja tombol Yes.

Selanjutnya adalah dengan mengecek hasil kamera Anda tersebut. Kalau memang tidak hasil atau gambar yang keluar, maka itu berarti kamera Anda memang dalam kondisi rusak. Solusi dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti webcam baru.

2. Update driver webcam

Kalau dari hasil pengecekan webcam ternyata masih baik, maka Anda perlu mengecek driver dari webcam Anda tersebut. Anda bisa menginstall driver dari bawaan webcam Anda kalau ada. Atau Anda bisa langsung melakukan update driver tersebut, dengan cara sebagai berikut:

  • Tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu klik pada menu Device Manager.
  • Pada halaman Device Manager tersebut, silahkan Anda klik pada Imaging Devices.
  • Selanjutnya, klik kanan pada nama driver webcam yang Anda gunakan.
  • Klik pada opsi Update driver.
  • Kemudian, pada halaman pop up yang muncul, silahkan Anda klik pada opsi Search automatically for updated driver software.

3. Update software Skype

Langkah yang berikutnya kalau cara kedua di atas masih belum memberikan hasil terbaik adalah dengan mengupdate Skype. Anda bisa mengunjungi situs resminya, atau melakukan update otomatis melalui software secara langsung.

4. Menggunakan driver generik untuk Webcam

Kalau webcam yang Anda gunakan adalah webcam lama, maka gunakan driver generik. Langkah-langkahnya penginstalannya itu adalah sebagai berikut:

  • Buka kembali halaman Device Manager Anda, lalu klik pada Imaging Devices.
  • Pilih nama driver Webcam Anda, lalu klik pada Update driver.
  • Berikutnya, adalah memilih opsi kedua, yaitu Browse my computer for driver software.
  • Lalu, klik lagi pada opsi Let me pick from a list of available drivers on my computer.
  • Kemudian, silahkan Anda pilih opsi USB Video Device, dan klik tombol Next.
  • Dari sini, driver dari Webcam Anda tersebut pun akan diinstall secara otomatis.
  • Jika sudah selesai, silahkan Anda restart komputer.

5. Cek pengaturan video Skype

Sebagian besar penyebab masalah video yang tidak berfungsi seperti ini disebabkan oleh pengaturan video pada Skype yang tidak berfungsi. Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan Anda ikuti langkah-langkah pengaturan di bawah ini:

  • Buka Skype, lalu klik pada menu Settings > Audio & Video.
  • Pada panel kanan, silahkan Anda pilih Webcam, dan pilih nama dari perangkat Webcam yang Anda gunakan dari daftar.
  • Jika sudah tepat, maka silahkan Anda klik pada tombol Save dan Apply.

6. Nonaktifkan dan Aktifkan Webcam di Device Manager

Cara selanjutnya adalah dengan disable dan enable kembali driver webcam di Device Manager. Langkah-langkahnya itu bisa Anda ikuti di bawah ini:

  • Buka kembali halaman Device Manager di komputer Anda, seperti dengan cara ke kedua sebelumnya di atas.
  • Kemudian, klik pada Imaging Devices, dan klik kanan pada nama driver Webcam Anda.
  • Selanjutnya, klik pada pada opsi Disable device untuk menonaktifkan driver Webcam.
  • Biarkan dulu tidak aktif selama kurang lebih 5 menit, lalu kembali aktifkan lagi dengan mengklik kanan nama driver tersebut, dan pilih Enable device.

7. Coba pindahkan ke port USB lain

Pada perangkat komputer seperti laptop atau PC tentunya terdapat lebih dari satu port USB. Nah, coba Anda pindahkan port USB webcam Anda sebelumnya ke port USB sebelumnya, kalau memang webcam yang Anda gunakan adalah webcam USB.

Kalau semua cara di atas sudah Anda coba dan ternyata belum membuahkan hasil sama sekali, maka silahkan Anda ganti perangkat webcam yang baru.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah webcam yang tidak bisa berfungsi saat menggunakan Skype. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY