Tidak jarang dari para pengguna Windows 10 menemukan adanya masalah pada saat melakukan update Windows. Padahal update Windows yang dirilis oleh Microsoft ini bertujuan untuk melakukan perbaikan dari bug yang ditemukan atau dilaporkan pengguna, serta mengupdate fitur yang ada pada Windows 10 tersebut.

Munculnya pesan error pada update Windows ini haruslah segera diperbaiki, karena ini bisa membuat komputer menjadi rentan pada segi keamanannya, sehingga mudah untuk dieksploitasi oleh pihak lain. Akan tetapi, setiap kode error yang muncul pada saat update ini tentunya berbeda-beda. Salah satunya itu adalah “Error Code 0x80246017” yang disertai dengan pesan “WU_E_DM_UNAUTHORIZED_LOCAL_USER”.

Pihak Microsoft sendiri menyampaikan kalau penyebab dari error ini adalah proses download update yang gagal, karena otorisasi dari user ditolak untuk mendownload konten atau update tersebut.

Cara memperbaiki error 0x80246017 saat update Windows 10

Kalau Anda termasuk salah satu pengguna Windows 10 yang mengalami masalah gagal update dengan kode error yang dimaksud, maka hari ini, kami akan membantu Anda untuk memberikan solusi untuk cara perbaikan error 0x80246017 saat update Windows 10.

  1. Cek beberapa status services

Buka Windows Services Manager dengan cara membuka menekan tombol Win + R, lalu ketikkan services.msc pada kolom RUN tersebut. Setelah halaman Windows Services Manager terbuka, silahkan Anda cari services yang bernama, Windows Update – Startup type Manual dan juga Background Intelligent Transfer Service – Startup type Manual.

Untuk mengecek masing-masing startup type dari services tersebut, maka Anda harus membuka mengklik kanan pada masing-masing, dan memilih opsi Properties. Setelah itu, cek pada bagian Startup Type. Setelah itu, silahkan Anda buka menu dropdownj yang ada sesuai dengan pengaturan di atas. Setelah itu, silahkan Anda klik tombol Start. Tapi, kalau tombol Start tidak tersedia, maka silahkan Anda klik tombol Stop dulu, lalu klik tombol Start.

  1. Jalankan Windows update troubleshooter

Cara kedua yang bisa Anda tempuh adalah dengan menjalankan fitur Windows update troubleshooter. Untuk cara yang kedua ini, Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “cara menggunakan fitur Windows Update Troubleshooter”.

  1. Nonaktifkan Antivirus atau Firewall Anda

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan mencoba menon-aktifkan antivirus atau pun firewall Anda terlebih dulu. Walaupun ini beresiko terhadap sistem keamanan yang menjadi rentan, tapi cara ini patut juga dicoba. Karena, kemungkinan antivirus dan juga firewall Anda tersebut menghalangi proses update ini.

  1. Berikan hak akses penuh untuk folder System Volume Information
  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan menekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada menu Command Prompt (Admin).
  • Kemudian, ketikkan perintah berikut:

cmd.exe /c takeown /f “C:\System Volume Information\*” /R /D Y && icacls “C:\System Volume Information\*” /grant:R SYSTEM:F /T /C /L

  • Setelah selesai, silahkan Anda tutup Command Prompt, dan restart komputer Anda, lalu coba lakukan update Windows 10 kembali.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk Anda yang mengalami error 0x80246017 saat melakukan update Windows 10. Kalau Anda memiliki koreksi atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY