Saat Anda mencoba untuk menggunakan system restore pada komputer Windows 10 Anda, dan ternyata mendapatkan error An unspecified error occurred during System Restore (0x800700b7), tentunya ini akan membuat Anda bingung dan panik. Apalagi kalau ini termasuk hal penting untuk dilakukan saat komputer menjadi error.

Cara memperbaiki error System Restore 0x800700b7 di Windows 10

Masalah ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, seperti antivirus yang memang membatalkan proses tersebut, file sistem yang rusak, atau gagal update pada Windows 10 Anda. Untuk pemecahan masalah ini, bisa Anda simak selanjutnya di bawah:

Kalau komputer Anda bisa booting ke Windows

  1. Coba matikan atau nonaktifkan Antivirus

Karena salah satu penyebabnya adalah antivirus, maka coba Anda matikan atau non-aktifkan antivirus yang Anda gunakan tersebut, jika komputer Anda memang masih bisa booting ke Windows.

  1. Jalankan tool DISM

Untuk bisa menjalankan tool DISM ini, maka Anda perlu mengakses halaman Command Promp (Admin) atau Windows Powershell di komputer Windows 10 Anda tersebut. Tool DISM (Deployment Imaging and Servicing Managemen) ini bisa memperbaiki Windows System Image dan Windows Component Store di Windows 10.

  1. Jalankan SFC (System File Checker)

Biasanya, SFC ini akan selalu diikuti oleh tool DISM tersebut. Karena kedua tool ini memang memiliki fungsi yang sama untuk memperbaiki file sistem di Windows yang mengalami kerusakan. Tool SFC ini pun bisa digunakan pada Command Prompt. Silahkan Anda baca artikel yang berjudul cara menggunakan tool SFC dan DISM di Windows 10 untuk lebih lengkapnya.

  1. Lakukan clean boot dan jalankan System Restore

Startup Selektif ini tentunya akan membantu Anda untuk mematikan beberapa aplikasi atau service yang berjalan saat komputer pertama kali booting. Sehingga, yang hanya diload pertama kali hanya aplikasi atau software driver saja. Cara ini juga dikatakan dengan clean booting di Windows 10. Jika Anda sudah melakukan clean booting, maka lanjutkan dengan menjalankan System Restore.

  1. Jalankan Windows Update Troubleshooter

Kalau masalah ini terjadi saat Anda melakukan update Window, maka Anda bisa menggunakan fitur Windows Update Troubleshooter untuk mengatasinya. Jika proses troubleshoot sudah selesai, maka silahkan Anda restart komputer Anda untuk melihat hasilnya.

Kalau komputer Anda sudah tidak bisa masuk Windows

  1. Jalankan system restore di Advanced Startup Options

Silahkan Anda masuk ke dalam Advanced Startup Options saat booting. Setelah itu, klik pada menu Troubleshoot > Advanced Options > Command Prompt. Kemudian, pada halaman Comannd Prompt tersebut, ketikkan perintah rstrui, lalu tekan tombol Enter.

  1. Jalankan perintah SFC dan DISM

Untuk cara ini, sebaiknya membaca artikel sebelumnya yang berjudul “cara menggunakan tool SDC dan DISM di Windows 10”.

Jika semua cara-cara di atas masih belum bisa memperbaiki system restore error System Restore Error 0x800700b7, maka silahkan Anda install ulang komputer Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY