Walaupun Microsoft kini sudah mengeluarkan sistem operasi Windows 10, tapi file-file visual basic tentunya masih akan tetap bisa Anda temui pada Windows 10. Nah, berbicara mengenai file Visual Basic di Windows 10, salah satu file yang bernama Comctl32.ocx sempat menjadi keluhan beberapa pengguna Windows 10.

Keluhan tersebut berupa pesan Runtime error untuk file Comctl32.ocx hilang atau tidak valid.

Comctl32.ocx is missing or invalid

Beberapa dari Anda sendiri mungkin bertanya, apa sih file comctl32.ocx tersebut? Comctl32.ocx ini sendiri merupakan file Runtime Visual Basic 6.0 dan bukan merupakan bagian dari sistem operasi Windows 10 secara default. Idealnya, aplikasi apa pun yang membutuhkannya akan menginstalnya sebagai bagian dari paket. Namun, kadang-kadang file tersebut mungkin rusak atau tidak terdaftar dalam sistem. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh virus atau kesalahan dari program tertentu yang menggunakan file tersebut.

Jika Anda menghadapi masalah ini, Anda perlu mendownload filenya tersebut kemudian mendaftarkan ulang file ocx tersebut.

  1. Download file comctl32.ocx

Kalau file comctl32.ocx ini mengalami kerusakan, atau software tidak melakukan instalasi secara baik dan benar, maka Anda bisa mendownload file tersebut secara langsung dari situs resmi Microsoft.

Jika paket tersebut sudah selesai Anda download, maka silahkan Anda langsung ekstrak file comctl32.ocx dari paket dan copy ke dalam folder yang diperlukan. Misalnya saja, Anda menggunakan Windows 64-bit, maka Anda bisa mengarahkan filenya ke C:\Windows\SysWOW64. Jika Anda menggunakan Windows 32-Bit, maka Anda harus menempatkannya di folder C:\Windows\System32\SysWOW64.

Kalau filenya sudah ada, maka timpa saja dengan file yang baru Anda download tersebut.

  1. Daftarkan file comdlg32.ocx

Setelah file tersebut Anda copy ke dalam folder yang seharusnya, maka Anda perlu melakukan proses registari kembali file comdlg32.ocx tersebut. Untuk melakukannya, silahkan Anda tekan CTRL + X, lalu pilih menu Command Prompt (Admin).

Selanjutnya, Anda tinggal mengetikkan perintah regsvr32 comctl32.ocx, dan tekan tombol Enter pada keyboard untuk mengeksekusi perintah tersebut.

Langkah terakhir yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan merestart komputer Anda dan lakukan pengecekan.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah Runtime error file Comctl32.ocx is missing or invalid pada Windows 10 Anda. Kalau memiliki cara lainnya atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka jangan ragu untuk membagikannya pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah. Begitu pula, bagi Anda yang sudah mencoba cara di atas dan berhasil, maka silahkan Anda bagikan pengalaman Anda juga ya!

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY