Game bergenre FPS atau pun Battle Royale saat ini menjadi game yang paling banyak diminati. Seperti Counter Strike Global Offensive (CS:GO), Fortnite, PUBG, dan lainnya. Game-game ini memang menjadi sangat seru, karena memungkinkan Anda untuk bermain dengan teman-teman secara online. Anda pun akan bertempur dengan tim-tim lain, atau bermain solo melawan 99 orang lainnya dalam game bergenre Battle Royale.

Game-game tersebut pun sudah tersedia untuk berbagai platform, yang salah satunya itu paling banyak digunakan adalah Windows. Sistem operasi Windows sendiri memang sudah dibuat untuk bisa kompatibel dengan berbagai macam software atau pun hardware saat ini, khususnya untuk Windows 10 terbaru.

Hanya saja, terkadang sistem operasi Windows 10 ini masih banyak yang dikeluhkan oleh para pengguna dengan masalah yang muncul. Salah satu masalah yang muncul yang akan kita bahas kali ini adalah pesan error BAD_MODULE_INFO yang dialami saat sedang bermain game. Hal ini tentunya sangatlah mengganggu apalagi saat Anda sedang bermain pada sebuah game yang seru atau mengikuti turnament online.

Penyebab BAD_MODULE_INFO di Windows 10

Hal yang menyebabkan munculnya pesan error ini sendiri memang tidak dapat dipastikan. Namun, kebanyakan pengguna yang mengalami masalah tersebut sesaat setelah menginstall aplikasi atau software di Windows 10. Di samping itu pula, masalah ini muncul karena adanya error pada software atau game yang mengharuskan Anda menggunakan fitur Fullscreen Optimization.

Fullscreen Optimization ini sendiri merupakan fitur yang ada di sistem operasi Windows yang memungkinkan Anda untuk membuat tampilan grafis dari software atau game menjadi lebih baik. Sehingga, Anda pun bisa mendapatkan pengalaman lebih baik dalam dunia visual digital di komputer Anda. Namun, walaupun fitur ini memang bisa memberikan tampilan yang lebih baik pada game, tapi kelemahannya itu bisa terjadi error seperti ini.

Cara mengatasi pesan error BAD_MODULE_INFO di Windows 10

Untuk Anda yang memang mengalami masalah serupa pada perangkat Windows 10 Anda, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Nonaktifkan fitur Full-Screen Optimisation

Untuk langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan mematikan fitur Full-Screen Optimisation yang menjadi salah satu penyebab masalah tersebut. Langkah-langkahnya bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Klik kanan pada shortcut game yang memunculkan pesan error saat Anda mainkan tersebut.
  • Pilih pada opsi
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada tab Compatibility, lalu berikan tanda centang pada kotak yang ada di bawah yang bertuliskan Disable full-screen optimisation.
  • Jika sudah selesai, silahkan Anda klik tombol Apply.

Kemudian, silahkan Anda lanjut memainkan game tersebut. Salah satu kekurangan dari cara ini adalah akan membuat FPS dari game yang Anda mainkan itu akan menurun. Namun, game tersebut tentu tetap bisa Anda main lagi.

Tapi, kalau cara di atas belum juga menghilangkan pesan error yang muncul tersebut, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap kedua di bawah.

  1. Restart komputer Anda

Cara kedua yang bisa Anda lakukan ini adalah cara paling mudah yang biasanya pertama kali selalu dilakukan oleh para pengguna komputer jika mengalami masalah atau error pada system. Cara ini adalah dengan melakukan restart pada komputer. Walaupun cara ini memang terbilang sangatlah mudah, terkadang beberapa pengguna lupa untuk melakukannya.

Karena, dengan melakukan restart pada komputer, maka itu akan merefresh setiap file-file dan juga hardware komputer. Sehingga, ini tentunya akan berdampak baik pada hardware dan juga software yang Anda gunakan tersebut.

  1. Update driver VGA Anda

Jika driver VGA yang Anda gunakan itu sudah mulai expired, maka masalah ini memang terkadang muncul. Karena, driver VGA yang mengontrol hardware VGA dengan system untuk menampilkan visual pada komputer Anda. Untuk melakukan update driver VGA ini, sebenarnya sudah pernah Saya bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul “cara update driver VGA komputer”.

Anda tentunya harus memastikan update driver VGA yang Anda gunakan tersebut pada halaman website resmi dari brand, misalnya nVidia atau AMD. Setelah selesai melakukan update tersebut, maka coba Anda jalankan lagi gamenya. Kalau cara ini ternyata masih belum berhasil, maka silakhan Anda lanjut ke cara berikutnya di bawah ini.

  1. Instal ulang game

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menginstall ulang game yang error tersebut. Karena, kemungkinan ada bug pada game tersebut, file yang hilang atau pun mungkin karena adanya gangguan dari virus. Sebaiknya Anda mendownload ulang game tersebut, lalu menginstallnya seperti biasa, untuk menjaga agar file installer yang Anda gunakan tersebut memang sudah bersih. Namun, pastikan Anda menyimpan file save dari game Anda tersebut. Agar nantinya Anda tetap bisa memainkan game tersebut dengan karakter atau pun level Anda sebelumnya.

  1. Jalankan game dalam Compatibility Mode

Cara yang terakhir yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menjalankan gamenya dalam Compatibility Mode. Compatibility Mode merupakan salah satu mekanisme atau fitur dari sistem operasi untuk menjalankan sebuah software dalam mode sistem operasi versi di bawahnya. Misalnya, saat ini Anda menggunakan Windows 10, maka Anda bisa menjalankan game tersebut dalam Compatibility Mode Windows 8 atau Windows 7 atau pun di bawahnya lagi.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan pada shortcut game tersebut, lalu pilih pada opsi Properties.
  • Selanjutnya, Anda klik pada tab Compatibility, lalu berikan tanda centang pada Run this program in compatibility mode for.
  • Kemudian, silahkan Anda pilih versi sistem operasi yang ingin Anda gunakan untuk menjalankan game tersebut dalam Compatibility Mode.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki masalah error BAD_MODULE_INFO pada saat bermain game di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang sudah terbukti berhasil, atau pertanyaan seputar artikel di atas, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY