Mozilla Firefox dan juga Google Chrome tentunya adalah dua software browser yang sangat dikenal. 2 Browser memang sudah sangat membantu para pengguna internet untuk menemukan informasi yang terkait dengan akurat. Anda cukup mengetikkan nama website yang ingin Anda kunjungi, maka browser ini pun akan mencarinya untuk Anda melalui halaman pencarian Google.

Tidak hanya itu, kedua browser ini pun sudah dilengkapi dengan pemasanan add on atau extension yang membuat proses pencarian atau membuka halaman website tertentu dengan cepat dan mudah. Namun, terlepas dari semua fitur atau keunggulannya tersebut, software ini sendiri pun tentunya tetap memiliki kekurangan atau masalah-masalah.

Cara mengatasi masalah kolom URL Firefox dan Chrome tidak bekerja

Salah satu masalah pada kedua browser yang banyak ditemukan oleh para pengguna, yaitu kolom url yang tidak bekerja. Baik itu, tidak bisa menginput teks atau pun tidak bisa membuka halaman website yang sudah diketikkan.

Kalau Anda termasuk pengguna yang mengalaminya, maka Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini untuk memperbaikinya:

1. Update versi browser Anda

Jika sebuah software sudah mengeluarkan update terbaru, sebaiknya Anda segera melakukan update tersebut. Pasalnya, update tersebut tentunya tidak hanya untuk penambahan fitur terbaru saja, tapi bisa juga untuk perbaikan bug dari versi sebelumnya.

Opsi update ini bisa Anda lakukan dengan cara berikut:

  • Cara update Chrome : Silahkan Anda klik tombol titik 3 di sudut kanan atas, lalu pilih opsi Help>About. Jika memang pada halaman tersebut tersedia update versi terbaru, maka silahkan Anda lakukan update.
  • Cara update Firefox : Silahkan Anda klik pada ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas. Lalu, pilih pada opsi Help>About. Silahkan Anda lakukan update jika memang tersedia.

2. Melakukan edit preferensi

Silahkan Anda ketikkan about:config dan tekan tombol Enter pada kolom url. Setelah itu, klik pada I accept the risk! Selanjutnya, cari keyword.enabled dan ubah opsi menjadi true, dengan mengklik dua kali.

3. Hapus data Chrome

Untuk menghapus semua data-data yang telah tersimpan di Chrome, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tutup Google Chrome.
  • Buka Windows Explorer.
  • Pada kolom address bar Explorer, paste %LOCALAPPDATA%\Google\Chrome\User Data\ dan tekan tombol Enter.
  • Ubah nama folder Default menjadi Backup atau lainnya.
  • Buka lagi browser Chrome Anda dan lihat apakah sudah bisa digunakan.

Cara ini akan menghapus data Chrome Anda, mulai dari akun, sampai pada bookmark yang telah Anda simpan.

4. Reset browser Anda

  • Cara reset Chrome : Silahkan Anda buka menu Settings lalu pilih Advanced. Selanjutnya, pilih pada opsi Restore settings to their original defaults.
  • Cara reset Firefox : Ketikkan about:support, pada kolom URL dan tekan tombol Enter. Setelah itu, klik pada tombol Refresh Firefox…

5. Uninstall dan install kembali

Kalau semua cara di atas belum berhasil, biasanya cara uninstall dan install kembali bisa tingkat keberhasilannya bisa 100%. Maka dari itu, silahkan Anda uninstall dulu software Chrome atau Firefox Anda yang bermasalah, lalu download versi terbaru dari situs resminya, dan install kembali seperti biasa.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY