Kalau dulunya untuk mendengarkan musik kapan pun dan di mana pun, kita perlu membeli perangkat pemutar musik portabel sendiri, seperti walkman,discman, iPod, mp3 player, dan lainnya. Tapi, di jaman sekarang ini, Anda hanya perlu membeli sebuah perangkat saja yang bernama smartphone. Di dalam perangkat smartphone ini, Anda tidak hanya bisa mendengarkan musik saja, tapi bisa juga untuk browsing internet, nonton Youtube, video, foto, hingga bermain game online.

Kembali lagi ke masalah musik pada smartphone ini. Saat ini smartphone yang paling banyak digunakan itu ada dua tipe, yaitu Android dan juga iPhone. Tapi, untuk perangkat iPhone sendiri yang paling banyak peminatnya, karena memang memiliki kelebihan dari segi keamanan, akan tetapi jauh lebih mahal.

Berbicara mengenai perangkat iPhone yang katanya masih lebih baik dari Android, ternyata perangkat iPhone ini sendiri masih sering mengalami masalah. Salah satu masalah yang banyak dialami oleh para penggunanya itu adalah aplikasi musik atau yang lebih dikenal dengan nama Apple Music yang tidak bisa memutar musik.

Cara memperbaiki aplikasi Apple Music yang tidak bisa memutar musik

Jika Anda membuka aplikasi Apple Music dan ternyata tidak bisa memutar musik, maka ada beberapa hal yang tentunya menjadi penyebab masalah ini. Apple Music sendiri merupakan aplikasi yang menyediakan musik secara streaming, sehingga memungkinkan Anda memutar musik secara online, atau pun mendownloadnya untuk didengarkan secara offline.

Yang menyebabkan aplikasi Apple Music tidak bisa memutar musik adalah, karena adanya error pad aplikasi tersebut. Kalau sampai terjadi masalah pada aplikasi Apple Music ini, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

  1. Lakukan Force Restart perangkat iPhone Anda

Untuk langkah pertama dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan Force Restart perangkat iPhone langsung. Ini merupakan cara pertama yang paling banyak digunakan untuk mengatasi setiap permasalahan error pada perangkat smartphone manapun. Langkah-langkah untuk melakukan Force Restart pada perangkat iPhone adalah sebagai berikut:

Untuk Anda yang memiliki perangkat iPhone 6S ke bawah:

  • Tekan dan tahan tombol Home bersamaan dengan tombol Power.
  • Setelah logo Apple sudah muncul, silahkan Anda lepaskan kedua tombol tersebut, dan tunggu hingga perangkat iPhone Anda kembali setelah restart.

Untuk Anda yang memiliki perangkat iPhone 7:

  • Tekan dan tahan tombol sleep yang ada pada bagian kanan iPhone.
  • Pada saat yang bersamaan, tekan pula tombol Volume bawah yang di sebelah kiri.
  • Tunggu sampai logo Apple muncul dan lepaskan kedua tombol tersebut.

Untuk Anda yang menggunakan iPhone 8 atau X:

  • Tekan tombol Volume Atas dan lepaskan cepat, lalu tekan pula tombol volume turun dan lepaskan dengan cepat.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power sampai melihat logo Apple, maka proses restart pun akan di mulai.
  1. Aktifkan iCloud Music Library

iCloud Music Library ini merupakan lokasi dari semua musik Anda disimpan, dan memungkinkan Anda untuk bisa mengakses serta memutar musik yang ada di aplikasi Apple Music tersebut. Jika ini tidak diaktifkan, maka Anda mungkin mengalami masalah dengan aplikasi.

Cara untuk mengaktifkan iCloud Music Library:

  • Buka menu Settings.
  • Tap pada Music.
  • Selanjut tap tombol Switch yang ada di sebelah iCloud Music Library.
  • Selanjutnya, cob buka aplikasi Apple Music Anda apakah sudah berfungsi.
  1. Install kembali aplikasi Apple Music

Jika aplikasi Apple Music ini masih juga tidak berfungsi dengan baik, maka Anda pun perlu untuk menginstalnya kembali. Coba Anda hapus terlebih dulu aplikasi tersebut, maka ini akan menghapus semua file cache yang di perangkat iPhone Anda yang berhubungan dengan aplikasi Apple Music tersebut. Sehingga, bug-bug yang ada pada aplikasi tersebut pun akan ikut terhapus.

Setelah itu, download dan install kembali aplikasi tersebut melalui halaman Apple Music secara langsung. Langkah-langkah dalam melakukan uninstall aplikasi di perangkat iPhone adalah sebagai berikut:

  • Tap dan tahan pada aplikasi Apple Music.
  • Selanjutnya tap pada ikon X, lalu pilih opsi Delete.
  • Jika aplikasi sudah hilang, maka silahkan Anda buka aplikasi App Store Anda, dan cari aplikasi Apple Music untuk diinstall kembali seperti biasa.

Setelah Anda menginstall aplikasi tersebut, coba dicek apakah aplikasinya sudah berfungsi dengan baik.

  1. Matikan WiFi dan gunakan paket data

Kalau Anda menggunakan WiFi, maka coba Anda matikan WiFi dan gunakan kuota data Anda sendiri. Kemungkinan WiFi yang Anda gunakan untuk terhubung ke internet sedang ada masalah, sehingga koneksi streaming musik di Apple Music pun tidak dapat dilakukan.

  1. Cek server Apple Music

Apple Music memang memiliki server sendiri dalam mengelola musik-musik untuk para penggunanya. Kalau server tersebut sedan down, maka ini tentunya tidak hanya berdampak pada perangkat iPhone Anda saja, tapi untuk keseluruhan perangkat Apple dengan aplikasi Apple Music yang terinstall.

  1. Restore perangkat iPhone Anda

Kalau ternyata masalah Apple Music ini masih juga terjadi, maka Anda bisa mencoba cara terakhir ini, yaitu melakukan system restore pada perangkat iPhone Anda. Proses ini dilakukan dengan menggunakan applikasi iTunes dan tentunya akan memakan waktu yang cukup lama. Di mana Anda harus melakukan backup file terlebih dulu, lalu melakukan reset iPhone ke pengaturan pertama.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan kalau mendapatkan masalah dengan aplikasi Apple Music yang tidak memutar musik. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah dan terbukti berhasil, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY