Beberapa pengguna sistem operasi Windows 10 sering mengeluhkan kalau folder Download di komputernya sangat lambat diakses atau terbuka dibandingkan dengan folder-folder lainnya. Bahkan masalah ini dihadapi oleh para pengguna perangkat media penyimpanan SSD juga loh! Kalau memang Anda termasuk pengguna Windows 10 dan juga mengalami hal serupa, maka artikel yang kami bahas kali ini bisa membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Memperbaiki folder Download yang lambat loading di Windows 10

Folder Download pada Windows 10 merupakan tempat penyimpanan untuk file-file download dari internet. Folder ini sendiri harus Anda hapus secara manual jika memang semua isinya sudah Anda pindahkan. Semakin banyak isi dari folder Download ini, maka kecepatan akses atau membukanya pun biasanya akan sangat lama. Lama waktu untuk membukanya rata-rata 30 detik ke atas sesuai dengan keluhan masing-masing pengguna. Anda pun pasti akan bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi? Padahal, Anda sudah menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi.

Penyebab utama dari masalah ini adalah karena folder Download ini belum dilakukan optimasi untuk thumbnail foto, video, atau pun format media lainnya. Sehingga, masing-masing thumbnail dari file-file tersebut akan cukup lama untuk diload oleh system operasi. Untuk Anda yang ingin menyelesaikan masalah tersebut, maka silahkan Anda ikuti langkah-langkah singkatnya di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka Windows Explorer, lalu pada sub bagian Quick Access di atas, silahkan Anda lanjut dengan mengklik kanan pada folder Download.
  • Klik pada menu Properties.
  • Selanjutnya silahkan Anda klik pada tab Customize.
  • Pada menu drop down untuk label yang bertuliskan Optimize this folder for, silahkan Anda pilih pada opsi General items.
  • Pastikan pula Anda memberikan tanda centang pada opsi yang ada di bawahnya, yang bertuliskan Also Apply this template to all subfolders.
  • Jika sudah selesai memilih opsi tersebut, silahkan Anda klik pada tombol Apply dan OK. Kemudian silahkan Anda restart komputer Anda untuk memastikan pengaturan tersebut berhasil diterapkan.

Dengan menggunakan beberapa langkah di atas, maka kini folder Download pada Windows 10 Anda pun bisa diakses atau dibuka dengan cepat. Anda pun bisa menerapkan cara ini untuk beberapa folder-folder yang berfungsi sebagai tempat menyimpan file media, seperti foto atau video yang menampilkan thumbnail (gambar). Sehingga saat Anda membuka folder tersebut akan lebih cepat.

Kalau Anda telah menerapkan cara-cara di atas, dan ternyata masih terasa lambat saat membuka folder Download, maka penyebab dari masalah ini kemungkinan ada pada sistem operasi atau hardware komputer Anda.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah folder Download yang lambat terbuka di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah dan cepat, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY