Pada Windows 10 terdapat fitur yang dikenal dengan media featured. Fitur ini bisa didapatkan pada media featured pack, untuk menginstall media Windows Media Player dan juga file terkait lainnya yang diperlukan oleh software terkait di sistem operasi Windows 10. Salah satu file penting yang ada di dalam fitur ini adalah mfplat.dll untuk membantu dalam layanan streaming dan juga game. Kalau file ini sampai hilang, maka setiap Anda ingin menggunakan fitur Media player, akan muncul pesan error seperti berikut ini:

  • mfplat.dll missing
  • The application failed to start because mfplat.dll was not found
  • The program can’t start because mfplat.dll is missing from your computer

Cara memperbaiki file error Mfplat.dll is missing

Kalau seperti ini, tentu saja penyebab utamanya adalah karena Windows 10 N tidak mendapatkan paket instalasi secara lengkap. Selain itu juga, file-file yang ada di dalam paket instalasi itu bisa hilang atau tidak sengaja terhapus saat melakukan update Windows 10.

Untuk itu, cara mengatasi masalah seperti ini adalah dengan melakukan instal ulang paket media dan mengaktifkannya dengan cara seperti di bawah ini:

1. Instal media featured pack dari website resmi

Kalau sistem operasi yang Anda gunakan adalah Windows N, maka media featured pack ini memang tidak akan diikutkan pada saat proses instalasi sistem operasi tersebut. Untuk mengecek versi sistem operasi Windows 10 yang Anda gunakan, maka silahkan Anda buka halaman Settings > System > About, dan cek detailnya.

Kalau memang sistem operasi yang Anda gunakan itu adalah Windows 10 N, maka silahkan Anda download Media Featured Pack di sini. Setelah Anda masuk ke dalam halaman tersebut, pastikan Anda memilih yang sesuai dengan versi sistem operasi yang Anda gunakan. Pastikan pula, setelah proses instalasi selesai, Anda melakukan restart komputer.

2. Menggunakan Command Prompt (CMD) untuk mengaktifkan Media Featured Pack

Kalau ternyata Media Featured Pack ini sudah Anda install dan tetap juga belum bisa digunakan, maka kemungkinan fitur tersebut dinonaktifkan secara otomatis oleh sistem. Untuk itu, cara mengaktifkan kembali paket ini hanya melalui halaman Command Prompt (CMD) Windows, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows + X pada keyboard, lalu klik pada Command Prompt (Admin) pada daftar yang muncul.
  • Di dalam halaman CMD tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah di bawah ini yang diakhiri dengan menekan tombol Enter.

dism /online /enable-feature /featurename:MediaPlayback

Jika sudah selesai, pastikan Anda restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan.

Akhir kata

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki masalah Mfplat.dll is missing saat menggunakan Windows Media Player di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda sampaikan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY