File isDone.dll yang error pada Windows 10 seperti ini umumnya terkait dengan instalasi game PC, serta program-program dengan ukuran besar. Game atau program berukuran besar seperti ini memang memiliki data yang terkompresi, yang akan diekstrak saat proses instalasi berjalan. Kapasitas yang besar tersebut tentunya akan membuat RAM atau Hardisk di komputer Anda kemungkinan tidak mampu menampung kapasitas tersebut untuk menangani prosesnya, sehingga masalah ini bisa muncul.

Pesan error yang biasanya akan mengikuti isDone.dll adalah :

An error occurred when unpacking!

unarc.dll returned an error code: -1

ERROR: archive data corrupted (decompression fails)

Terlepas dari masalah tersebut, masalah lain yang mungkin bisa menjadi penyebab error isDone.dll ini adalah file sistem yang mengalami kerusakan, file dll yang rusak, error pada RAM dan hardisk, antivirus, dan lain sebagainya. Masalah ini pun bisa saja terjadi jika komputer Anda memang tidak kompatibel dengan persyaratan game atau pun software tersebut.

Bagi Anda yang mengalami masalah serupa, maka bisa mencoba beberapa cara di bawah ini mengatasinya.

Cara memperbaiki error isDone.dll di Windows 10

Tapi, sebelum kita melangkah ke prosesnya, maka Anda tentu perlu memastikan kalau memang komputer Anda sudah sesuai dengan spesifikasi dari game atau software tersebut. Karena, kalau komputer Anda tidak kompatibel mulai dari hardware hingga sistem operasinya, tentunya masalah ini tidak bisa terpecahkan. Namun, kalau memang sudah sesuai, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.

  1. Tambahkan virtual memori

Untuk menambahkan kapasitas virtual memori di Windows, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda untuk membuka menu RUN, kemudian ketikkan cpl untuk membuka System Properties.

  • Di halaman System Properties tersebut, Anda lanjut membuka tab Advanced, lalu klik tombol Settings di bagian Performance.

  • Di pada halaman Performance Options tersebut, silahkan Anda klik tab Advanced . Di sini, klik tombol Change pada label Memori Virtual.

  • Di halaman berikutnya, hilangkan tanda centang pada “Automatically manage paging file size for all drivers”. Selanjutnya, pilih pada Custom Size, lalu Anda tinggal memasukkan jumlah virtual memori yang Anda ingin tambahkan.

  • Untuk kolom Initial Size, maka Anda bisa memasukkan nilai terendah. Sedangkan untuk Maximum Size, maka Anda bisa memasukkan 3 kali dari kapasitas RAM Anda saat ini. Satuan yang digunakan di sini adalah MB (MegaByte).
  • Setelah Anda selesai mengatur kapasitas virtual memori tersebut, silahkan Anda klik tombol OK dan tutup semua halaman yang terbuka. Lalu silahkan Anda restart komputer Anda.

Error isDone.dll masih juga muncul? Coba cara kedua di bawah ini.

  1. Jalankan scan SFC untuk memperbaiki file isDone.dll yang error

Untuk memperbaiki setiap permasalahan file system di Windows 10, cara otomatis yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan perintah scan SFC. Untuk proses scan SFC ini, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah:

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih Command Prompt (Admin) dari daftar menu yang muncul. Saat muncul pop up halaman UAC, maka silahkan saja Anda klik tombol Yes.

  • Setelah halaman Command Prompt tersebut terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah sfc /scannow.

Proses scan SFC ini biasanya membutukan waktu beberapa saat. Jangan tutup halaman Command Prompt Anda saat proses ini sedang berjalan. Setelah prosesnya sudah selesai, maka silahkan Anda restart komputer Anda.

Jika komputer Anda sudah selesai restart dan masuk ke Windows 10 lagi, coba Anda lakukan proses instalasi game atau software yang memunculkan error isDone.dll tersebut. Jika game tersebut sudah berhasil Anda install, maka untuk memastikan agar file-file sistem Anda sudah benar-benar pulih, maka Anda bisa menggunakan tool DISM.

Karena, kemungkinan perintah scan SFC saja belum melakukan perbaikan secara utuh. Kalau digabungkan dengan DISM, maka ini bisa memperbaiki kerusakan file sistem secara utuh. Tool DISM ini sendiri bisa digunakan pada halaman Command Prompt seperti SFC di atas. Untuk itu, silahkan Anda buka kembali halaman Command Prompt di komputepr Anda. Kemudian, silahkan Anda ketikkan perintah berikut ini:

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Tunggu hingga proses scan DISM selesai, lalu jalankan lagi perintah SFC seperti pada langkah-langkah di atas sebelumnya.

Selanjutnya, Anda tinggal melakukan restart komputer untuk menerapkan semua perubahan yang telah Anda lakukan tersebut.

  1. Daftarkan kembali file isDone.dll & unArc.dll

Kalau memang file isDone.dll dan unArc.dll sudah mengalami kerusakan, maka Anda mendaftarkan kembali file tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Pada tahapan ini, Anda tetap memerlukan halaman Command Prompt untuk menjalankan perintah pendaftaran file tersebut.
  • Pada halaman Command Prompt tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah regsvr32 isdone.dll, lalu tekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

  • Setelah itu lanjutkan lagi mendaftarkan file unArc.dll dengan perintah regsvr32 unarc.dll.

Jika perintah tersebut sudah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda, dan coba install kembali game atau software tersebut.

  1. Nonaktifkan Antivirus

Beberapa pengguna Windows memang sering mengalami masalah yang disebabkan oleh antivirus yang ada di dalam komputernya. Di mana antivirus ini memang terkadang menghambat proses instalasi dari game atau software pihak ketiga. Untuk itu, coba Anda nonaktifkan terlebih dulu antivirus Anda sebelum mulai menginstall game atau software tersebut.

Setelah Anda memastikan semua proses antivirus sudah dinon-aktifkan, maka silahkan Anda coba install kembali software atau game tersebut. Jika, memang sudah berhasil terinstall dan tidak ada pesan error isDone.dll lagi, maka Anda bisa melakukan cara ini untuk game atau software-software selanjutnya.

  1. Nonaktifkan Firewall

Tidak hanya antivirus saja, Anda juga bisa mencoba menon-aktifkan firewall Windows Anda. Langkah-langkah adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda cari dan buka halaman Firewall pada start menu Windows.

  • Pada halaman Firewall tersebut, silahkan Anda klik tombol silahkan Anda klik opsi Turn Windows Firewall on or off yang ada pada panel sebelah kiri.

  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada opsi Turn of Windows Firewall (Not recommended) yang ada pada panel kanan, lalu klik tombol Ok.

Setelah pengaturan tersebut sudah diterapkan, coba lagi untuk menginstal game atau software tersebut.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah error isDone.dll pada sistem operasi Windows 10 saat menginstall game atau software pihak ketiga. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami siapkan di bawah.

Semoga bisa cukup membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY