Salah satu software yang pasti akan Anda install setelah membeli PC atau laptop baru adalah Microsoft Office. Software ini memang sangatlah membantu dalam urusan pembutan dokumen, presentasi, dan lainnya. Software ini tentunya dibeli secara terpisah, dan juga harus Anda install terpisah dari sistem operasi.

Yang menjadi banyak keluhan dari para penggunanya itu adalah proses instalasi dari Microsoft Office ini ternyata banyak yang mengalami masalah, dengan kode error 30068. Error ini disebabkan oleh gangguan pada Service Office. Kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna yang mengalami masalah tersebut, maka Anda bisa mengikuti artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikannya.

Kode kesalahan 30068 saat menginstal Office

Biasanya, error ini bisa muncul dengan berbagai kode seperti, 30068-29 (2), 30068-4 (3), 30068-4 (1715), 30068-39 (3) dan lainnya. Sebagian besar proses instalasi software Microsoft Office ini melalui service Microsoft secara langsung. Di mana semua itu akan secara otomatis berjalan melalui Click to run service. Semua itu merupakan alternatif untuk mengurangi jumlah kapasitas pada software sebelum proses instalasi. Pastikan saja koneksi internet yang Anda gunakan cukup cepat dan stabil untuk menangani masalah tersebut.

Nah, di bawah ini adalah beberapa solusi untuk mengatasi 30068 pada saat proses instalasi Microsoft Office tersebut:

1. Lakukan pengecekan pada Clik to Run service

Cara mengeceknya itu adalah dengan menekan tombol Win + Q pada keyboard lalu ketikkan Services. Lalu klik kanan pada menu Services yang muncul, dan pilih Run as administrator. Setelah halaman services tersebut, silahkan Anda cari service Microsoft Click to Run dan klik pada services tersebut untuk membuka pengaturannya. Pada tab General, klik pada menu Startup type, lalu Anda pilih Automatic. Klik pada tombol Apply, lalu OK.

2. Restart komputer dan install kembali MS Office

Coba Anda lakukan restart pada komputer terlebih dulu, lalu install kembali Microsoft Office. Kalau memang tidak bisa berjalan secara online, maka Anda bisa mendowload versi Offline, lalu menginstallnya.

3. Hapus dan instal kembali Office

Kalau cara-cara di atas ternyata masih belum berhasil, maka Anda bisa menghapus (uninstall) lalu install kembali. Anda sebaiknya mendownload terlebih dulu software uninstall Microsoft Office untuk mempermudah proses uninstall MS Office secara lengkap, serta menghapus file-file yang tidak Anda inginkan.

Kalau ternyata software ini memunculkan pesan error Office installation is missing, maka lakukan pengecekan apakah ada instalasi office yang sedang berlangsung. Anda harus menyelesaikannya atau menghapus instalasi tersebut secara manual.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah error 30068 saat menginstall Microsoft Office di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tambahkan pada kolom komentar di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY