Sistem operasi Windows memang sangatlah membantu dalam pekerjaan. Pasalnya, sistem operasi ini sangat kompatibel dengan banyak software atau program-program umum. Bahkan, rata-rata programmer membuat software atau aplikasinya tersebut dengan melakukan uji coba pada sistem operasi Windows. Aplikasi Android pun bahkan kebanyakan dibuat dan dites awalnya di Windows loh!

Namun, terkadang beberapa program atau software yang diinstall ini error atau tidak bisa terinstall karena beberapa alasan. Salah satu permasalahan tersebut adalah Error 1310, Error writing to file: <PATH>, Verify that you have access to that directory. Error ini menandakan kalau Anda tidak memiliki akses ke direktori atau folder tujuan install tersebut. Error ini biasanya terjadi pada beberapa program seperti PowerPoint, Word, Excel, Adobe Photoshop, AutoCAD, dll.

Cara memperbaiki error 1310 di Windows 10

Hal yang menjadi penyebab masalah ini biasanya karena, lokasi atau folder tersebut sudah digunakan oleh software lain. Jadi, Windows mendeteksi Anda ingin menimpa file yang sudah terinstall tersebut. Sehingga, Windows pun melakukan blok untuk mengakses folder tersebut untuk program installer yang Anda gunakan.

Untuk memperbaiki error 1310 pada Windows 10, Anda bisa melakukan beberapa perbaikan berikut ini:

  1. Instal ulang program

Sebelum Anda melakukan proses install program, maka pastikan lokasi folder instalasi tersebut sudah bersih atau tidak ada sisa dari program sebelumnya. Untuk itu hapus dulu software yang serupa kalau memang ada. Setelah itu, silahkan Anda restart komputer Anda, dan login sebagai akun Administrator. Kemudian coba install program tersebut.

  1. Un-register atau register ulang Windows Installer Module

Untuk melakukan cara ini, maka Anda perlu membuka kolom RUN dengan cara menekan tombol Win + R pada keyboard Anda. Setelah itu, ketikkan perinta pertama, yaitu msiexec /unregister, kemudian tekan tombol Enter atau klik tombol OK.

Setelah itu, silahkan Anda buka lagi kolom RUN, dan ketikkan perintah msiexec /regserver, lalu tekan tombol Enter.

Jika sudah selesai, silahkan Anda restart komputer untuk mempastikan konfigurasi tersebut sudah diterapkan pada sistem operasi Anda.

  1. Mengubah ijin folder instlasi

Kalau Anda sebagai Administrator pada komputer Anda tentunya Anda akan dengan mudah mengubah hak akses pada folder instalasi tersebut. Tapi, kalau ternyata Anda hanyalah akun biasa, maka Anda perlu meminta Administrator untuk membuka akses ke folder instalasi program tersebut untuk Anda. Namun, tentunya hal ini akan buruk untuk masalah keamanan sistem dan juga komputer Anda. Untuk itu, Anda harus memastikan kalau Administrator kembali menutup akses tersebut sesaat setelah Anda menginstall program tersebut.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi error 1310 saat Anda menginstall program di Windows 10. Kalau Anda memiliki pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY