Saat Anda melakukan update pada Windows 10 di komputer, dan tiba-tiba muncul pesan error 0xc1900130, maka ini bisa disebabkan oleh koneksi jaringan internet yang Anda gunakan mengalami gangguan atau terputus. Sehingga, proses instalasi dari update tersebut pun tidak dapat dilanjutkan. Kode pesan error saat melakukan update Windows 10 tersebut secara lengkap seperti bertuliskan “Failed install attempt – 0xc1900130”.

Cara mengatasi masalah error 0xc1900130 saat update Windows 10

Kalau Anda termasuk salah satu pengguna Windows 10 yang mengalami masalah seperti ini saat melakukan update, maka Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan melakukan beberapa cara seperti di bawah ini.

1. Hapus folder SoftwareDistribution

Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan menghapus folder yang bernama SoftwareDistribution. Folder ini berada di dalam drive C:\Program Data\.

2. Reset folder catroot2

Selain folder SoftwareDistribution ini, Anda juga perlu mengatur ulang folder yang bernama Catroot2, yang letaknya ada di C:\Windows.

3. Konfigurasi Windows Update Services yang terkait

Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu klik pada Command Prompt (Admin). Setelah itu, silahkan Anda ketik perintah ini perbarisnya:

  • SC config wuauserv start= auto
  • SC config bits start= auto
  • SC config cryptsvc start= auto
  • SC config trustedinstaller start= auto

Semua ini adalah service yang terkait dengan Windows Update.

4. Download update secara manual

Kalau Anda belum tahu cara melakukan update dan install manual update dari Windows 10, maka Anda bisa mengikuti cara di bawah ini:

  • Buka Settings > Update and Security > View Update History.
  • Silahkan Anda catat kode KB dari update yang gagal di dalam halaman tersebut. Anda bisa melihat status failed yang ada di bawah update tersebut.
  • Selanjutnya, buka halaman website Microsoft Download Center, dan cari update tersebut berdasrakan kode nomor KB.
  • Setelah itu, silahkan Anda download dan install update tersebut seperti menginstall software pada umumnya.

5. Jalankan Windows Update Troubleshooter

Cara yang berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menjalankan Windows Update Troubleshooter. Fitur ini bisa Anda cari pada kolom pencarian di Start Menu Windows 10. Anda cukup mengetikkan nama Troubleshoot, dan cari fitur Windows update, dan klik tombol RUN pada kolom tersebut untuk menjalankannya. Prosesnya akan berjalan secara otomatis, jadi Anda tidak perlu melakukan banyak hal untuk melakukan perbaikan.

6. Flush DNS cache

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan flush DNS cache. Anda cukup membuka halaman Command Prompt, lalu ketikkan perintah ipconfig /flushdns dan tekan tombol Enter. Anda pun sebaiknya mengecek koneksi internet yang Anda gunakan, mulai dari router, ISP, atau pun kabel LAN jika Anda menggunakannya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

  1. […] Untuk melakukan reset pada Windows update ini, maka Anda perlu untuk menghapus atau melakukan backup pada isi folder SoftwareDistribution dan juga melakukan reset pada folder Catroot2. Untuk langkah-langkah selengkapnya, maka Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, ‘cara hapus folder SoftwareDistribution dan reset folder Catroot 2 di Windows 10’. […]

LEAVE A REPLY