lah satu masalah yang membuat para pengguna sistem operasi Windows 10 menjadi panik adalah, saat muncul pesan RECOVERY pada saat booting. Pasalnya, Anda tidak dapat masuk ke Desktop atau pun Windows Explorer untuk mengakses file-file seperti biasanya. Kalau Anda mengalami hal ini, coba Anda cek kode dan pesan error tersebut. Jika yang muncul adalah kode error 0xc000014C, maka artikel yang akan Saya bahas kali ini pasti bisa membantu Anda.

Cara mengatasi error 0xc000014C di Windows 10

Kode error 0xc000014C ini biasanya disebabkan oleh adanya konfigurasi file yang salah, sehingga berpengaruh terhadap booting sistem operasi Windows 10 Anda. Untuk mengatasiny, silahkan Anda mengikuti beberapa cara di bawah ini:

  1. Menggunakan system restore

Karena Anda tidak dapat masuk ke dalam Explorer, maka Anda bisa mengakses system restore menggunakan Advanced Startup Options. Melalui Advance Startup Options inilah Anda bisa dengan mudah mengakses system restore dan masuk ke dalam Safe Mode. Setelah masuk ke dalam safe mode, maka silahkan Anda ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk melakukan system restore di Windows 10 Anda tersebut.

  1. Membuat file BCD kembali

BCD merupakan Boot Configuration Data, yang mana ini merupakan file yang mengalami error atau kerusakan dengan pesan 0xc000014C tersebut. Untuk itu, kita bisa memperbaikinya dengan membuat kembali file BCD tersebut. Untuk membuat kembali BCD, Anda harus memiliki Windows 10 USB yang bisa di-boot. Kemudian, Anda booting menggunakan flashdisk tersebut.

Setelah berhasil booting, maka Anda langsung klik tombol Next yang ada di sudut kiri layar. Selanjutnya, klik tombol Troubleshoot, kemudian pilih pada Advanced Options, lalu pilih Command Prompt. Di dalam halaman Command Prompt tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah di bawah ini per-barisnya, yang diakhiri dengan tombol Enter:

  • bootrec /FixMbr
  • bootrec /FixBoot
  • bootrec /ScanOS
  • bootrec /RebuildBcd

Langkah terakhir adalah dengan mengetik, Exit untuk menutup jendela Command Prompt tersebut. Kemudian, coba restart komputer Anda dan cek apakah itu bisa membantu.

  1. Copy regedit dari komputer lain

Cara ini memerlukan kemampuan untuk bisa membongkar komputer Anda sendiri. Maka dari itu, sebaiknya Anda dipandu atau ditemani oleh orang yang sudah ahli dalam merakit komputer. Karena, kita akan memindahkan hardisk komputer Anda, lalu dipasang di komputer lainnya sebagai secondary.

Setelah hardisk Anda terpasang di komputer kedua tersebut sebagai secondary (penyimpanan data biasa), maka silahkan Anda buka folder C:\Windows\System32\config\RegBack. Copy semua file yang ada di dalamnya, lalu pindahkan ke folder yang sama di dalam hardisk komputer Anda yang sudah terpasang sebagai secondary tersebut.

Jika sudah selesai, silahkan Anda matikan komputer, dan pindahkan kembali hardisk Anda tersebut ke komputer Anda.

Kalau cara ini masih belum juga bisa berhasil, maka Anda memang perlu untuk melakukan install ulang sistem operasi.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY