Menggunakan perangkat komputer di jaman sekarang ini sudah bisa dikatakan sebagai hal umum. Karena, bisa dikatakan semua hal yang ada sekarang ini sudah terhubung dengan komputer. Di samping itu pula, perangkat komputer ini sudah banyak sekali diperjual belikan. Bisa kita lihat dengan banyak toko-toko komputer yang sudah terbuka, bahkan sampai pelosok-pelosok.

Kebutuhan akan perangkat komputer ini pun tentunya sangat perlu untuk dunia pekerjaan atau perkantoran. Bahkan, beberapa pengguna komputer tidak perlu lagi datang ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya. Karena, dengan perkembangan teknologi internet juga memungkinkan kita untuk tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dari rumah.

Sistem operasi pada komputer pun tentunya sangat memberikan dukungan. Di mana sebuah komputer tidak bisa bekerja atau digunakan tanpa adanya sistem operasi. Ini karena, sistem operasi yang akan memberikan perintah pada setiap hardware untuk mengerjakan input dari pengguna atau user komputer itu sendiri. Di samping itu pula, sistem operasi ini juga akan memberikan perintah untuk menampilkan hasil input tersebut ke monitor (output). Jadi, bisa dikatakan kalau, komputer tanpa sistem operasi itu tidak berguna sama sekali.

Error 0x80070013 pada sistem operasi Windows 10

Sistem operasi memang memiliki fungsi yang sangat penting untuk komputer. Akan tetapi, permasalahan yang paling banyak dialami oleh para pengguna komputer itu berasal dari sistem operasi itu sendiri. Di mana sistem operasi tersebut bisa saja kehilangan atau kerusakan file, terjangkit virus atau malware, dan lainnya. Sehingga kinerja dari komputer menjadi menurun, komputer tidak dapat digunakan sama sekali, atau ada beberapa fitur tidak dapat digunakan.

Salah satu masalah yang banyak ditemukan oleh para pengguna komputer dengan sistem operasi Windows 10 adalah error 0x80070013. Error ini sendiri biasanya terjadi saat Anda melakukan backup Windows, menjalankan system restore, atau pun saat melakukan update.

Cara mengatasi error 0x80070013 di Windows 10

Untuk memecahkan masalah tersebut, kami akan membagi menjadi tiga cara dengan masing-masing masalahnya, yang bisa Anda langsung simak di bawah ini.

1. Untuk error 0x80070013 saat update Windows

Seperti yang telah kami tuliskan di atas, di mana masalah error 0x80070013 ini biasanya terjadi pada saat Anda melakukan update Windows 10. Untuk solusinya sendiri, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut:

  • Melakukan reset pada Windows update

Untuk melakukan reset pada Windows update ini, maka Anda perlu untuk menghapus atau melakukan backup pada isi folder SoftwareDistribution dan juga melakukan reset pada folder Catroot2. Untuk langkah-langkah selengkapnya, maka Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, ‘cara hapus folder SoftwareDistribution dan reset folder Catroot 2 di Windows 10’.

  • Gunakan Windows update troubleshooter

Untuk cara kedua adalah dengan menjalankan fitur yang bernama Windows update troubleshooter yang sudah ada pada sistem operasi Windows 10 ini. Langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini bisa Anda ikuti pada artikel kami sebelumnya yang berjudul, ‘cara menggunakan fitur Windows update troubleshooter di Windows 10’.

2. Untuk error pada System Restore

Permasalahan pada sistem restore pun kadang memunculkan pesan error 0x80070013 ini. Untuk memperbaikinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

  • Menggunakan tool SFC dan DISM

Tool SFC dan DISM memang biasanya digunakan dalam satu paket. Untuk menjalankan tool ini, silahkan Anda tekan tombol Win + X, lalu pilih Command Prompt (Admin). Setelah halaman Command Prompt (CMD) tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah sfc /scannow. Jika sudah selesai, silahkan Anda restart komputer.

Setelah proses restart selesai, Anda lanjutkan lagi proses perbaikan Windows update dengan menggunakan tool DISM. Silahkan Anda masuk kembali ke halaman CMD (Admin), lalu ketikkan perintah berikut ini, yang setiap baris diakhiri dengan menekan tombol Enter:

Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth

Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth

Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Setelah proses selesai, silahkan Anda restart lagi komputer untuk menerapkan perubahan, dan coba untuk melakukan sistem restore kembali.

  • Menggunakan CHKDSK

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan perintah cek disk atau CHKDSK. Untuk menggunakan perintah ini, maka silahkan Anda buka lagi halaman Command Prompt (Admin), lalu ketikkan perintah chkdsk <Drive Letter>: /f /r /x /b. Ganti tulisan <Drive Letter> dengan partisi tempat sistem operasi Anda terinstall. Kalau muncul pesan untuk konfirmasi, maka silahkan Anda tekan tombol Y dan Enter untuk melanjutkan. Tapi, pada beberapa kasus proses ini akan langsung berjalan tanpa notifikasi.

3. Untuk error 0x80070013 saat Windows Backup

Sistem operasi Windows 10 ini juga memiliki fitur untuk melakukan backup Windows. Pesan error 0x80070013 ini pun biasanya akan muncul pada halaman atau fitur Windows backup tersebut. Untuk bisa memperbaikinya, maka perlu melakukan pengecekan pada Windows Backup Services, yang langkah-langkahya bisa Anda simak di bawah ini:

  • Tekan atau klik logo Windows yang ada di keyboard atau sudut kiri bawah monitor Anda. Setelah itu, langkah ketikkan services.msc. Setelah muncul aplikasi Services, silahkan Anda klik kanan, lalu pilih Run as administrator.
  • Temukan setelah halaman Windows Services Manager ini terbuka, silahkan Anda klik dua kali pada Windows Backup Services.

Perhatikan pada Startup type-nya. Jika di sini terlihat dalam kondisi Disabled, maka silahkan Anda ubah menjadi Manual.

Setelah itu, klik tombol Start yang ada di bawah, dan Apply.

Jika sudah, tutup semua halaman yang terbuka, dan restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mendapatkan komputer Windows 10 memunculkan pesan error 0x80070013, saat melakukan Windows backup, Windows update, atau pun System Restore. Kalau Anda memiliki cara lainnya, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY