DCOM merupakan salah satu modul yang ada pada komputer Windows, yang memiliki fungsi untuk menjalankan program di komputer lain melalui jaringan. DCOM ini sendiri adalah singkatan dari Distributed Component Object Model dan juga biasa disebut sebagai Model COM. Untuk membuat modul ini bisa bekerja, ada 2 komponen yang menjadi penyokongnya. Komponen tersebut adalah, CLSID, PROGID dan APPID.

Gambar 1

Memperbaiki DCOM Error 1084 di Windows 10

Masalah yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna komputer Windows 10 ini adalah DCOM error 1804 DCOM. Munculnya error ini karena kemungkinan adanya gangguan pada jaringan saat melakukan kontrol pada program. Kalau Anda termasuk pengguna Windows 10 dan mendapati masalah seperti ini, maka Anda bisa mengikut beberapa cara di bawah ini untuk memperbaikinya.

  1. Pastikan service-nya sudah jalan

Services dari DCOMLAUNCH adalah launcer untuk server COM dan DCOM sebagai respon terhadap permintaan aktivasi objek. Jika layanan ini dihentikan atau dinonaktifkan, program yang menggunakan COM atau DCOM tidak akan berfungsi dengan baik. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pengecekan pada services-nya.

Silahkan Anda tekan tombol Win + R, lalu ketikkan services.msc pada kolom RUN, dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman Services Manager.

Cari satu-persatu services berikut ini:

  • DCOM Service Process Launcher.
  • Background Tasks Infrastructure Service.
  • Local Session Manager.
  • Remote Procedure Call (RPC).

Klik kanan pada masing-msaing service tersebut, lalu pilih Properties. Pada halaman Properties ini, silahkan Anda pastikan Startup Type menjadi Automatic, dan klik pada tombol Start untuk menjalankannya. Kalau posisi tombol sudah Start, maka Anda Stop dulu lalu klik lagi tombol Start.

  1. Clean booting

Masalah ini bisa juga disebabkan oleh adanya program pihak ketiga yang sedang berjalan dan tidak kompatibel dengan modul DCOM tersebut. Maka dari itu, Anda bisa melakukan clean booting, lalu melakukan troubleshoot. Dengan melakukan clean booting, maka program-program yang ikut berjalan pada saat booting pun akan dimatikan, dan hanya meninggalkan driver dari hardware komputer saja.

  1. Menjalankan DISM tool

Untuk menjalankan perintah DISM ini, maka Anda harus masuk ke dalam Command Prompt (CMD) terlebih dulu. Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu klik pada menu Command Prompt (Admin).

Jika jendela CMD tersebut sudah terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah berikut ini satu-persatu secara berurutan, dan masing-masing diakhiri dengan tombol Enter:

  • Dism / Online / Clean-Image / CheckHealth
  • Dism / Online / Clean-Image / ScanHealth
  • Dism / Online / Cleanup-Image / RestoreHealth

Biarkan perintah tersebut bekerja dengan sendirinya hingga selesai.

  1. Melakukan reset Windows 10

Untuk cara yang keempat ini, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, cara reset Windows 10 di PC. Agar file-file Anda tidak ikut hilang saat proses reset ini, maka pada halaman Choose an option, silahkan Anda pilih opsi Keep my files.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan kalau mendapati komputer Windows 10 Anda DCOM error 1804. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah ini.

Semoga bisa membantu.

Tga: DCOM, Modul DCOM, Modul jaringan komputer, DISM, Windows 10

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY