Pada Windows 10, terdapat sebuah fitur tambahan terbaru yang berfungsi sebagai asisten digital, seperti SIRI pada iPhone dan Google Assistant pada Android. Untuk Windows 10 ini sendiri bernama Cortana yang dikenal sebagai asisten digital dengan AI tercanggih saat ini. Walaupun Cortana memang dianggap tercanggih saat ini, tapi Cortana tentunya tidak terbebas dari masalah, di mana salah satunya adalah tidak dapat terhubung ke internet. Padahal, pada komputer Anda tersebut aplikasi browser masih tetap dapat terhubung ke internet.

Nah, kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna Windows 10 yang memiliki masalah serupa, maka artikel berikut ini mungkin bisa cukup membantu dalam mengatasinya.

Mengatasi Cortana yang tidak terhubung ke Internet

Kalau Anda mendapati Cortana menuliskan pesan seperti di bawah ini di komputer Anda:

I can’t connect at the moment, Make sure you are currently connected to the internet – says Cortana!

Maka, untuk bisa mengatasi masalahnya, bisa Anda ikuti di bawah ini.

  1. Restart modem internet Anda

Biasanya masing-masing router sudah dilengkapi dengan tombol power untuk mempermudah melakukan restart. Coba Anda restart modem Anda tersebut dengan menekan tombol power tersebut, lalu nyalakan kembali.

  1. Ganti koneksi Internet

Kalau sebelumnya komputer Anda menggunakan koneksi ethernet, maka coba ganti dengan menggunakan WiFi. Atau coba gunakan perangkat komputer lainnya, seperti smartphone atau tablet.

  1. Jalankan Search and Indexing Troubleshooter

Fitur troubleshoot pada Windows 10 memang sudah sangat lengkap, bahkan sampai pada Search and Indexing. Dengan menggunakan fitur Search and Indexing Troubleshooter ini, maka ini bisa membantu dalam melakukan pemeriksaan pada pengaturan atau update untuk Cortana.

Untuk menjalankan fitur ini, maka Anda cukup membuka halaman Settings > Updates and Security > Troubleshoot, dan pilih Search and Indexing Troubleshooter dari daftar. Di samping itu pula, Anda bisa menjalankan fitur Network Troubleshooter, kalau memang Anda mencurigai adanya masalah dengan jaringan secara umum.

  1. Matikan proxy

Salah satu penyebab dari Cortana tidak bisa terhubung ke internet adalah karena pengaturan Proxy. Coba Anda lakukan pengecekan proxy tersebut dengan cara membuka halaman Settings. Setelah itu, silahkan Anda masuk ke dalam halaman Network and Internet > Proxy. Pada menu paling bawah berlabel Manual Proxy Setup, silahkan Anda ganti switchnya menjadi Off, kalau memang dalam posisi On.

  1. Instal ulang Cortana

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan melakukan install ulang pada Cortana. Cara itu adalah pertama-tama Anda klik kanan pada ikon Windows di sudut kiri bawah. Setelah itu, silahkan Anda pilih pada menui Windows Powershell (Admin) yang muncul dari daftar. Kemudian, silahkan Anda ketikkan perintah berikut ini dan di akhiri dengan tombol Enter:

Get-AppXPackage -Name Microsoft.Windows.Cortana | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}

  1. Gunakan akun Microsoft yang lain

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan berpindah akun atau login dengan akun Microsoft Anda yang lain jika tersedia. Kalau memang belum ada, maka Anda bisa membuat akun surplus dengan cara membuka menu Settings > Accounts > Family & other people.

Lalu Anda pilih pada opsi Add a family member, pada bagian daftar akun keluarga Anda. Jika sudah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda, dan login dengan akun baru tersebut. Lalu coba Anda cek fitur Cortana tersebut, apakah sudah berfungsi atau belum.

Kalau semua cara di atas memang belum bisa memberikan penyelesaian, maka Anda bisa melakukan pelaporan langsung ke Microsoft.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY