Sistem operasi Windows 10 besutan dari Microsoft ini memang bisa dikatakan versi yang sudah sempurna dari versi Windows terdahulunya. Di samping memiliki banyak fitur yang membantu kinerja para pengguna, sistem operasi Windows 10 ini pun mendukung banyak perangkat, seperti Smartphone dan lainnya. Akan tetapi, perkembangan dari Windows 10 ini memang belum diiringi oleh beberapa software. Hal inilah yang menyebabkan banyak kendala saat menggunakan beberapa software di Windows 10. Salah satu yang masih sering mengalami masalah itu adalah browser.

Permasalahan yang banyak dialami oleh para pengguna saat menggunakan browser di Windows 10 itu adalah, tidak bisa mengupload gambar. Hal ini tentunya akan membuat kesal para pengguna sosial media, di mana mereka tidak bisa lagi eksis dengan mengupload hasil selfie di sosial media. Begitu pula halnya dengan website-website yang menyajikan informasi.

Cara mengatasi browser yang tidak bisa upload gambar

Kalau Anda termasuk dari beberapa pengguna yang mengalami masalah tersebut, maka artikel kali ini akan membantu Anda untuk menyelesaikannya. Hal perlu untuk Anda ketahui di sini itu, kalau masalah ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan hardware komputer yang Anda gunakan. Kemungkinan masalah ini hanya ada di software saja, atau provider internet yang Anda gunakan.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan Anda ikuti langkah-langkah perbaikannya berikut.

1. Cek ekstensi browser

Ekstensi atau add-ons pada komputer memang bisa membantu dalam mengatasi beberapa masalah pada komputer. Akan tetapi, ekstensi atau add-ons ini bisa menjadi masalah atau tidak berfungsi, kalau developernya sudah tidak pernah lagi memberikan update terbaru. Sehingga, tidak kompatibel lagi dengan update browser, sistem operasi, dan ekstensi lainnya yang bisa mengalami konflik.

Untuk memastikan hal ini, maka Anda perlu untuk menonaktifkan semua ekstensi atau add-ons yang terinstall pada browser komputer Anda terlebih dulu. Setelah itu, silahkan Anda coba lakukan upload gambar. Kalau berhasil, maka masalah ini memang ada pada ekstensi. Kalau Anda ingin tahu, ekstensi mana yang bermasalah, maka silahkan Anda mulai aktifkan lagi satu persatu, dan lakukan tes upload setiap satu ekstensi yang aktif.

Setelah Anda mengetahui yang mana yang menyebabkan masalah tersebut, silahkan Anda updte ekstensi tersebut atau mematikannya.

2. Reset pengaturan browser

Cara kedua ini juga bisa membantu untuk mengatasi masalah tidak bisa upload gambar di browser. Di mana masalah ini mungkin ada pada pengaturan browser yang mengalami perubahan. Sehingga, proses upload gambar ke website pun tidak bisa dilakukan.

Untuk proses reset pengaturan pada Google Chrome, maka Anda bisa membaca artikelnya di sini. Dan, untuk reset pengaturan pada Firefox, maka Anda bisa membaca artikelnya di sini.

3. Coba browser lain

Kalau ternyata masalah ini hanya terjadi pada satu browser saja, maka Anda bisa mencoba untuk mengganti browser tersebut dengan browser yang baru.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika mengalami masalah tidak bisa upload gambar melalui browser di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY