File ntkrnlmp.exe ini sendiri erat kaitannya dengan Kernel NT pada sistem operasi Windows dan juga untuk proses sistem lainnya. Kalau memang blue screen terjadi karena adanya error dari file ini, berarti ini termasuk masalah yang cukup fatal pada sistem operasi Windows Anda. Munculnya blue screen karena file ini bisa juga disebabkan oleh file yang hilang, rusak, atau pun karena danya virus yang menjangkiti komputer Anda. Tidak hanya itu saja, driver dari VGA card yang error juga bisa menjadi penyebab error tersebut.

Untuk Anda yang mengalami masalah blue screen karena file ntkrnlmp.exe ini, maka Anda bisa mengikuti beberapa arahan pada artikel ini.

Memperbaiki blue screen file ntkrnlmp.exe

Untuk Anda yang memang sudah mengamankan komputer dengan baik, tentunya Anda sudah menyiapkan titik system restore di komputer Anda. Kalau memang demikian, maka Anda bisa mencoba melakukan restore point tersebut untuk mengembalikan kondiri komputer Anda ke keadaan semula. Untuk Anda yang memang tidak terbiasa membuat sistem restore seperti ini, maka sebaiknya Anda mulai dari sekarang saja ya!

Di samping itu pula, Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi error ntkrnlmp.exe CRITICAL_PROCESS_DIED pada komputer Windows 10 Anda.

  1. Update atau kembalikan versi driver

Sistem oeprasi dan juga driver terkadang memang mengalami konflik atau tidak kompatibel. Apalagi untuk Windows 10 yang sering-sering mendapatkan update terbaru dari Microsoft tentu akan mengalami masalah seperti ini. Untuk itu, kalau Anda memang belum pernah melakukan update pada driver, maka segera update. Tapi, kalau sudah melakukan update dan terjadi masalah ini, maka silahkan Anda hapus versi terbaru, dan kembali ke versi sebelumnya.

  1. Nonaktifkan C-states dan EIST in BIOS

Cara kedua adalah dengan melakukan pemeriksaan pada BIOS untuk C-states dan EIST in BIOS. Maka dari itu, silahkan Anda buka terlebih dulu halaman BIOS komputer Anda. Setelah itu, silahkan Anda menuju ke halaman konfigurasi CPU, yang biasanya ada pada tab Advanced.

Kemudian, Anda cari CPU Power Management. Di bagian bawah dari menu tersebut, silahkan Anda nonaktifkan fitur yang bertuliskan, Intel EIST dan Intel C-State. Silahkan Anda save pengaturan tersebut dan restart komputer.

  1. Konfigurasikan Driver Verifier Manager

Anda juga dapat menggunakan Driver Verifier Manager dan pilih opsi Automatically select all drivers installed on the computer.

Proses ini akan langsung melakukan scanning dan juga perbaikan terhadap file-file driver yang mengalami kerusakan.

  1. Gunakan blue screen troubleshooter

Pada sistem operasi Windows 10 ini, Anda juga bisa menggunakan fitur yang bernama Blue Screen Troubleshooter. Fitur ini sendiri bisa mmebantu dalam mengatasi setiap masalah blue screen yang ada pada komputer Windows Anda secara otomatis. Silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, cara menggunakan fitur blue screen troubleshooter di Windows 10.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah blue screen ntkrnlmp.exe. Semoga ini membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY