Wdf01000.sys ini sendiri merupakan file yang berkaitan dengan Driver Framework di Windows, yang tugas utamanya adalah menangani driver dari system. Kalau file corrupt/rusak, atau hilang maka akan menghasilkan Blue Screen of Death (BSOD) pada komputer Anda.

Error pada file Wdf01000.sys ini biasanya akan disertai dengan beberapa pesan seperti yang ada di bawah ini:

  • DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL
  • System_Thread_Exception_Not_Handled
  • Page_Fault_In_Nonpaged_Area
  • System_Service_Exception
  • Kmode_Exception_Not_Handled

Setiap pesan menyertai error tersebut, tentunya memiliki cara masing-masing dalam menyelesaikannya.

Cara mengatasi blue screen error wdf01000.sys

Walaupun setiap pesan tersebut memiliki cara penanganan yang berbeda-beda, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara umum di bawah ini sebagai saran langkah awal penanganan.

  1. Jalankan tool DISM

Deployment Imaging dan Serviing Management atau disingkat dengan DISM ini merupakan tool bawaan yang ada pada sistem operasi Windows 10 yang bisa membantu dalam memperbaiki file image dari sistem operasi yang mengalami kerusakan. Kalau memang terjadi masalah unserviceable pada Windows Image, maka tool DISM ini bisa Anda gunakan untuk mengupdate file tersebut sekaligus memperbaiki masalah yang muncul yang berkaitan dengan file rusak tersebut. Untuk cara menggunakan tool DISM ini, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, cara menggunakan tool DISM di Windows 10.

  1. Update atau kembalikan versi Driver

Beberapa penyebab yang muncul masalah blue screen tersebut rata-rata dikarenan oleh driver. Maka dari itu, salah satu langkah terbaik yang perlu untuk Anda lakukan dalam mengatasi setiap masalah blue screen adalah, dengan melakukan update atau pun mengembalikan ke versi driver sebelumnya, kalau ternyata masalahnya ini muncul setelah Anda melakukan update. Untuk cara mengembalikan versi driver sendiri cukup mudah, Anda cukup uninstall update driver terbaru yang telah Anda install tersebut. Setelah itu, silahkan Anda install kembali driver bawaan yang biasanya sudah dalam bentuk CD atau DVD.

  1. Jalankan System File Checker (SFC) SFC pada saat boot

SFC merupakan tool yang juga sudah menjadi bawaan pada Windows. Di mana tool ini sangatlah membantu dalam mengatasi masalah file system yang corrupt atau rusak. Kalau memang file Wdf01000.sys ini hilang atau rusak, maka dengan tool sfc, file ini akan kembali utuh dan bisa digunakan lagi. Cara menggunakna tool sfc ini pun sangatlah mudah. Anda cukup membuka Command Prompt (Admin), lalu ketikkan perintah sfc /scannow, dan tekan tombol Enter mengeksekusinya.

  1. Jalankan Blue Screen Troubleshooter

Langkah terakhir yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi setiap permasalahan blue screen di Windows 10 adalah dengan menggunakan tool Blue Screen Troubleshooter. Tool ini sendiri memang bisa sangat membantu dalam memperbaiki setiap masalah blue screen yang terjadi pada komputer Windows 10 Anda. Untuk lebih lengkapnya, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, cara menggunakan blue screen troubleshooter di Windows 10.

Akhir kata

Semoga artikel di atas bisa membantu dalam menyelesaikan permasalahan di komputer Anda. Kalau ada tambahan atau pertanyaan seputar pembahasan artikel di atas, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar ya!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY